Transformasi Digital Hasilkan Kenaikan Peringkat Bandara Soekarno Hatta di Survei Skytrax

Kenaikan peringkat Bandara Internasional Soekarno Hatta di survei Skytrax hasil transformasi digital yang dilakukan PT Angkasa Pura II.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/soekarnohattaairport
Soekarno Hatta International Airport 

Keberhasilan Bandara Internasional Soekarno Hatta naik ke peringkat 35, di daftar 100 Bandara Terbaik 2020 versi Skytrax, disambut gembira dan rasa syukur para karyawan bandara internasional Jakarta tersebut.

Bagaimana tidak, Soekarno Hatta memperbaiki pencapaian mereka sebelumnya, dengan naik lima peringkat dari tahun lalu.

Bandara Internasional Soekarno Hatta naik ke peringkat 35 dari 100 Bandara Terbaik 2020, menurut survei Skytrax World Airport Award.
Bandara Internasional Soekarno Hatta naik ke peringkat 35 dari 100 Bandara Terbaik 2020, menurut survei Skytrax World Airport Award. (Dok: Angkasa Pura II)

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan dari Skytrax ini merupakan hasil dari komitmen perseroan, yang selalu meningkatkan layanan dan fasilitas di Soekarno-Hatta. 

“Setiap tahunnya pengembangan dilakukan di Soekarno-Hatta sehingga traveller merasa nyaman serta puas terhadap layanan dan fasilitas yang ada. Ini juga tidak lepas dari peran seluruh stakeholder di Soekarno-Hatta. Kerja sama dan kerja keras para stakeholder mendapat pengakuan dari traveller,” ujar Muhammad Awaluddin.

Transformasi digital

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengjelaskan, semakin membaiknya peringkat Soekarno-Hatta merupakan hasil dari transformasi digital yang dicanangkan perseroan sejak 2016. 

Konsep yang diusung perseroan adalah Digitally Ready Enterprise, dengan memanfaatkan state of the art technology

“Soekarno-Hatta menjadi tempat dalam mengembangkan platform digital untuk pelayanan, fasilitas dan operasional, sebelum nantinya digunakan di bandara lain,” kata Muhammad Awaluddin.

“Hal ini sejalan dengan visi perusahaan menjadi The Best Smart Connected Airport Operator in Region. Kami berkomitmen memberikan yang terbaik melalui digital platform untuk menghadirkan airport digital journey experience bagi masyarakat,” sambung Muhammad Awaluddin. 

Implementasi paltform digital yang mendukung Soekarno-Hatta menjadi Smart Connected Airport, ialah Airport Operation Control Center (AOCC), Terminal Operation Center (TOC), aplikasi iPerform, Digital Droid, i-Millennial Airport Travel Experience (i-Mate Lounge), dan lain sebagainya 

Saat ini Soekarno-Hatta memiliki 3 terminal penumpang, yaitu Terminal 1, Terminal 2,  dan Terminal 3 yang merupakan terminal terbesar dan termegah di Indonesia.

Transportasi publik yang beroperasi di Soekarno-Hatta juga masuk dalam kategori modern, dan mengandalkan kecanggihan teknologi seperti Skytrain, Kereta Bandara, hingga taksi listrik. 

Guna meningkatkan layanan, Soekarno-Hatta juga mengoperasikan sejumlah peralatan otonom, seperti mesin pembersih lantai berbasis robot (robotic scrubber drier) dan digital droid atau robot DiLo yang bisa berperan sebagai customer service. 

Bandara Internasional Soekarno Hatta menempati peringkat 4 terbaik, untuk kategori bandara dengan kapasitas 60 juta-70 juta penumpang.
Bandara Internasional Soekarno Hatta menempati peringkat 4 terbaik, untuk kategori bandara dengan kapasitas 60 juta-70 juta penumpang. (Dok: Angkasa Pura II)

Di tengah Covid-19 ini Soekarno-Hatta juga memiliki layanan Virtual Customer Assistant (VICA) yang bisa diakses di aplikasi INAirports.

VICA mengubah layanan customer assistant dari tatap muka menjadi virtual, sehingga sangat mendukung physical distancing. 

Terminal 4

Muhammad Awaluddin mengatakan, peringkat Soekarno-Hatta di daftar bandara terbaik dunia akan semakin meningkat ke depannya seiring dengan tuntasnya revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2, serta pembangunan Terminal 4. 

“Pengembangan Soekarno-Hatta terus dilakukan. Saat ini tengah dilakukan revitalisasi Terminal 1 dan 2, lalu pada 2021 dimulai pembangunan Terminal 4. Ini akan berdampak pada meningkatnya layanan dan fasilitas sehingga membawa sektor kebandarudaraan nasional ke level yang lebih tinggi lagi,” ujar Muhammad Awaluddin. (*/Ichwan Chasani)

Bandara Internasional Soekarno Hatta Bandara Terbaik Kedua di Asia Tenggara

Protokoler Kesehatan Baru Shanghai Disneyland Bisa Menjadi Standar New Normal

Ini Alasan Kepulauan Seribu Belum Siap Menjadi Bali Baru

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved