Yuk Belajar Panjat Tebing di Klapanunggal

Championmate menggelar program pengenalan panjat tebing bagi anak-anak usia 8-15 tahun, sekaligus mengisi liburan akhir pekan.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/Championmate
Tebing kapur di Kecamatan Klapanunggal ini memiiki potensi wisata minat khusus, seperti panjat tebing. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Wilayah Bogor, baik Kota maupun Kabupaten, sudah dikenal sebagai destinasi wisata luar ruang (outdoor) bagi masyarakat Jabodetabek.

Mulai dari kebun raya seperti Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas yang sudah kondang, sampai wisata curug yang saat ini jadi tren.

Sebenarnya masih ada banyak tempat yang bisa dikunjungi masyarakat dan memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Khususnya wisata minat khusus.

Panjat tebing adalah salah satu olahraga ekstrem yang bisa  dikembangkan menjadi kegiatan wisata masyarakat urban. Keterangan foto: Panjat tebing di Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Minggu (7/11/2021).
Panjat tebing adalah salah satu olahraga ekstrem yang bisa dikembangkan menjadi kegiatan wisata masyarakat urban. Keterangan foto: Panjat tebing di Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Minggu (7/11/2021). (Istimewa/Championmate)

 

Klapanunggal

Salah satunya adalah kawasan Klapanuggal di kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Di tempat yang hanya berjarak 35 kilometer dari Jakarta ini adalah adalah kawasan karst, atau bukit-bukit kapur.

Di kawasan itu banyak sekali tebing-tebing kapur dan gua, yang terbentuk secara alami maupun hasil kegiatan manusia.

Kondisi geografis yang seperti itu membuat Klapanunggal menjadi arena bermainnya para pemanjat tebing dan penelusur gua sejak dulu.

Bahkan dari tempat ini melahirkan para atlet panjat dinding Indonesia, yang sangat sukses di nomor olahraga speed climbing.

Contoh paling jelas ialah dua medali emas di ajang Asian Games 2018 lalu.

Selain potensi olahraga, kawasan Klapanunggal juga bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata minat khusus panjat tebing dan telusur gua.

Liburan sambil belajar

Memang, untuk melakukan dua kegiatan itu tidak bisa sembarangan karena memiliki risiko cukup besar.

Namun jangan khawatir, sekarang ada kok tempat-tempat belajar panjat tebing yang bisa diakses masyarakat.

Salah satunya adalah Championmate sebuah organisasi yang bergerak di bidang aktivitas luar ruang.

Kebetulan pada akhir pekan besok Championmate mengadakan program pengenalan dan pelatihan panjat tebing untuk anak anak usia 8 – 15 tahun.

Tepatnya, kegiatan ini akan diadakan pada 13 November 2021 yang jatuh pada hari Sabtu.

Wisata alternatif

Menurut Zaenal, pendiri Championmate, materi yang diberikan tidak hanya kegiatan memanjat, tetapi juga pengenalan alat dan teknis pemanjat yang mengutamakan keselamatan.

Para instrukturnya adalah para pemanjat tebing senior, yang di masa mudanya aktif dalam kegiatan alam bebas panjat tebing, serta generasi awal atlet panjat dinding Indonesia.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved