Bandara Internasional Soekarno Hatta Bandara Terbaik Kedua di Asia Tenggara

Peringkat Bandara Internasional Soekarno Hatta naik dalam daftar 100 Bandara Terbaik di Dunia.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/lionairgroup
Pesawat-pesawat Lion Air di Bandara Internasional Soekarno Hatta 

Bandar udara Changi di Singapura dinobatkan sebagai airport (bandara) terbaik tahun 2020, hasil penilaian Skytrax World Airport Awards.

Namun di sela-sela pencapaian yang membahagiakan bagi negara jiran tersebut, ternyata bandara di Jakarta juga memperoleh pencapaian yang cukup baik di kontestasi antarbandara tersebut.

Suasana konter check-in di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Rabu (1/4), terlihat sepi tiada aktivitas berarti.
Suasana konter check-in di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Rabu (1/4), terlihat sepi tiada aktivitas berarti. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Bandara di Jakarta, yang sudah pasti Bandara Internasional Soekarno Hatta, ini berada di peringkat 35 dari 100 bandara terbaik di dunia.

Jangan komentar dulu, sebab peringkat 35 ini lebih baik dari peringkat Soekarno Hatta di tahun 2019.

Sebelumnya bandara terbesar di Indonesia itu berada di peringkat 40, yang artinya naik lima peringkat.

Terbaik ke-2 di Asean

Jika daftar 100 bandara terbaik 2020 itu diperhatikan lagi, ternyata Soekarno Hatta boleh dibilang bandara kedua terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Bandara Suvarnabhumi di Bangkok (Thailand) berada di peringkat 48, Kuala Lumpur International Airport (Malaysia) di peringkat 63, dan bandara Hanoi No Bai (Vietnam) di peringkat 87.

Ilustrasi: Seorang petugas di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) mengenakan masker pada awal Februari 2020.
Ilustrasi: Seorang petugas di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) mengenakan masker pada awal Februari 2020. (Warta Kota/AC Pingkan)

Bandara Intenasional Ngurah Rai Bali juga masuk daftar 100 bandara terbaik, dengan menempati peringkat 85.

Sayangnya, Skytrax tidak khusus membuat daftar bandara terbaik untuk sub-regional Asia Tenggara.

Meski pun mereka punya daftar untuk sub-regional lainnya, seperti Eropa Barat, Eropa Timur, Timur Tengah, dan Asia Selatan.

Ada pula daftar 10 bandara terbaik se Asia, namun Soekarno Hatta tak masuk di sana.

Lima terbaik

Meski begitu, bandara yang sebenarnya secara administratif itu berlokasi di Tangerang tersebut, juga masuk lima besar terbaik dalam kategori bandara berkapasitas 60 sampai 70 juta penumpang.

Berada di perigkat 4 kategori tersebut, Soekarno Hatta unggul dari Denver International Airport.

Tenpat pertama kategori tersebut adalah Changi, diikuti dengan Incheon International Airport (Korea Selatan) dan Madrid Barajas Airport (Spanyol).

Fasilitas

Sebagaimana diwartakan Daily Mail, penghargaan dari Skytrax ini berdasarkan analisis terhadap survei kepuasan penunpang. Pada tahun ini survei tersebut berhasil memperoleh respons dari 13,5 juta orang, untuk 550 bandara yang dinilai.

Dari survei tersebut, terpilihlah Changi sebagai bandara terbaik sedunia secara keseluruhan.

Selain itu, bandara ini memuncaki kategori bandara berkapasitas 60 sampai 70 juta penumpang, dan bandara dengan fasilitas yang menyenangkan pengunjung.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved