Pengunjung Destinasi Wisata Religi Makam Mbah Priok Bisa Menikmati Toilet Baru yang Modern

Toilet baru yang bersih dan modern bisa ditemukan di kompleks Makam Mbah Priok saat ini.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Tampilan toilet baru di destinasi wisata religi Makam Mbah Priok, Jakarta Utara. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Berziarah ke makam Mbah Priok kini lebih nyaman sebab ada fasilitas toilet baru di sana.

Tak kurang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, yang secara simbolis meresmikan toilet di destinasi wisata religi di Jakarta Utara itu.

Acara peresmian dilakukan secara simbolis di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf pada Minggu (31/10/2021).

Peresmian toilet baru yang digagas oleh Satgas Toilet Indonesia (STI) ini turut dihadiri Dewan Pengawas STI Victor Aritonang, Duta STI Lady Marsella, Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadu.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengapresiasi program revitalisasi toilet yang dilakukan oleh STI di destinasi kawasan religi makam Mbah Priok.

Kampanye toilet bersih

Hal ini dinilainya sebagai bagian dari kampanye toilet bersih.

“Makam Mbah Priuk merupakan potensi wisata religi yang harus dijaga kebersihannya. Oleh karenanya harus didorong menjadi destinasi wisata yang berkualitas. Bukan hanya bersih tapi harus sehat, nyaman, memberikan keamanan, dan ramah lingkungan,” kata Sandiaga yang dimuat dalam keterangan pers pada Selasa (2/11/2021).

Menurut Sandiaga, mengupayakan keamanan dan kenyamanan di destinasi wisata religi adalah bagian dari menghargai dan menghormati para ulama.

“Sebagai Chief Officer Indonesia saya juga memberikan mandat kepada STI dan jajaran untuk bisa mensosialisasikan, mengkampanyekan, serta mengedukasi mengenai pentingnya kebersihan toilet di seluruh destinasi wisata Indonesia,” kata Sandiaga.

Ketua Umum STI Anthoney Lau menyatakan, pihaknya bakal melaksanakan mandat yang diberikan dengan cara berkolaborasi bersama unsur terkait, yaitu pentahelix yang terdiri dari pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat dan komunitas.

Pembangunan toilet ini dilakukan oleh PT Marsella Cahaya Berkah (MCB) Lixil Water Technology Indonesia dengan dukungan CSR.

“Saya berterima kasih dalam kesempatan ini kepada Pak Menteri yang telah meresmikan salah satu toilet di wisata religi, yang kita tahu banyak dikunjungi peziarah di Makam Mbah Priok,” kata Anthoney.

Budaya

STI, katanya, bukan hanya berfungsi sebagai kontrol sosial saja, tapi juga mengajak seluruh unsur terkait agar bisa dengan masif mengampanyekan pentingnya budaya peduli toilet bersih.

Hal ini tentunya tidak hanya di fasilitas milik pribadi, tetapi juga fasilitas toilet umum di ruang publik, sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan pencegahan penyebaran penyakit menular di ruang publik.

“Kami juga telah berkolaborasi dengan Jamban.id yang merupakan suatu aplikasi berbasis teknologi digital buatan anak bangsa, agar masyarakat merasakan kemudahan mengakses fasilitas toilet bersih, sehat, aman, dan nyaman, serta memberikan kemudahan pemilik atau pengelola toilet untuk menjaga kebersihan fasilitas toilet dengan dukungan teknologi terkini,” katanya.

Tidak hanya berkolaborasi dengan Jamban.id, STI juga turut berkolaborasi dengan LIXIL Indonesia yang merupakan pionir produk saniter dan perlengkapan perumahan, yang menjawab tantangan kehidupan sehari-hari. (Fajar Al Fajri)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved