Wisata Jakarta

Taman Wisata Ragunan, Tempat Menenangkan Diri dari Keriuhan Jakarta

Di musim hujan seperti ini pengunjung Kebun Binatang Ragunan tetaplah berdatangan. Untuk itu, pihak kebun binatang memberikan fasilitas penjemputan.

Penulis: Janlika Putri
Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Janlika Putri
Peta Raman Margasatwa Ragunan, sehingga pengunjung bisa mencari lokasi satwa yang ingin dilihatnya. 

Ingin rekreasi seru dan murah meriah tanpa repot keluar Jakarta? Taman Margasatwa Ragunan, atau kondang dengan sebutan Kebun Binatang Ragunan, bisa menjadi pilihan.

Setiap hari libur nasional atau akhir pekan, tempat wisata satu ini selalu ramai. Pengunjungnya tidak hanya dari Jakarta saja, namun dari luar kota sampai luar negeri juga ada.

Gajah Sumatra, salah satu koleksi stawa di Taman Margasatwa Ragunan.
Gajah Sumatra, salah satu koleksi stawa di Taman Margasatwa Ragunan. (Warta Kota/Janlika Putri)

Ada lebih dari 2.138 satwa yang bisa dilihat secara langsung di tempat ini.

Tidak hanya hewan, lahan seluas 147 hektar itu juga ditumbuhi sekitar 19.000 pepohonan, termasuk tumbuhan yang sudah jarang ditemukan di tempat lain di Jakarta.

Di samping sebagai tempat rekreasi alam, Kebun Binatang Ragunan juga berfungsi sebagai tempat konservasi, pendidikan, ruang terbuka hijau, daerah resapan air, dan juga paru- paru kota.

Maka dari itu, saat masuk ke sana, kita akan dibuat lupa jika sedang berada di Jakarta.

Akses menuju ke Kebun Binatang Ragunan juga mudah. Ada lahan parkir yang luas bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor.

Bagi pengguna kendaraan umum juga ada beberapa opsi transportasi untuk menuju kesana. Posisinya sangatlah dekat dengan halte Transjakarta Ragunan.

Selain itu, ada pula angkutan umum yang terminal akhirnya dekat di pintu masuk Ragunan.

Non-tunai

Beberapa moda transportasi umum di Jakarta kini sudah memberlakukan sistem pembayaran non-tunai. Maka uang elektronik dengan fisik kartu menjadi tren untuk transaksi.

Kebun Binatang Ragunan kini juga sudah menggunakan cara modern seperti itu. Kini tak ada lagi robekan karcis untuk pengujung.

Kartu JakCard yang sekarang bisa digunakan untuk masuk ke berbagai tempat wisata di Jakarta.
Kartu JakCard yang sekarang bisa digunakan untuk masuk ke berbagai tempat wisata di Jakarta. (Warta Kota/Janlika Putri)

Sejak tahun 2016, tempat wisata ini sudah bekerjasama dengan Bank DKI. Maka dari itu, uang elektronik Jackcard yang dikeluarkan oleh bank tersebut bisa dijadikan tiket untuk masuk.

Namun jangan lupa, harus yang masih ada saldonya ya. Saldo bisa di cek terlebih dahulu di depan loket pintu masuk. Jika tak cukup, bisa langsung meminta pengisian saldo atau top up di sana kepada petugas loket.

Masih belum punya kartu? Tenang, di dekat loket tiket terdapat mesin untuk pembelian kartu. Harganya Rp 30.000 berisi saldo Rp 20.000.

Praktisnya, Kartu Jackcard juga dapat digunakan sebagai tiket untuk lebih dari satu orang, bahkan kelompok. Tentunya selama saldo masih cukup.

Petugas yang berjaga di gerbang masuk akan meminta pengunjung menempelkan kartu di sensor di sana untuk masuk. Persis seperti gerbang masuk stasiun Commuter Line atau halte bus Transjakarta.

Saldo pada kartu saya pun langsung berkurang setelah di-tap.

Mesin penjual JakCard di Taman Margasatwa Ragunan.
Mesin penjual JakCard di Taman Margasatwa Ragunan. (Warta Kota/Janlika Putri)

Tempat piknik penghilang suntuk

Setelah melewati gerbang itu saya langsung disambut oleh pepohonan rindang. Ada jalan setapak bersih dan jauh dari kendaraan, sehingga para pengujung akan aman berlalu-lalang.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved