Wisata Jakarta

Di Beli yang Baik Expo Pengunjung dapat Belajar Menjadi Konsumen yang Cerdas

Masyarakat bisa belajar menjadi konsumen yang bertanggung jawab kepada lingkungan alam dan sosial, dengan berkunjung ke Beli yang Baik Expo.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/beliyangbaik.org
Masyarakat bisa belajar menjadi konsumen yang bertanggung jawab kepada lingkungan alam dan sosial, dengan berkunjung ke Beli yang Baik Expo. Pameran ini digelar secara virtual dan non-virtual. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Ada kegiatan menarik dan edukatif bagi warga Jakarta pada pekan ini, yang bisa menjadi tujuan jalan-jalan bersama keluarga.

Nama panjangnya adalah "'Beli yang Baik' Sustainable Consumption and Production Expo". Nama "panggilannya" adalah "Beli yang Baik Expo".

Acara pameran ini berlangsung di mal Kuningan City pada 20 - 24 April 2021, dan diselenggarakan oleh Yayasan WWF Indonesia, yang mendapat dukungan dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Kuningan City.

Namun expo ini juga bisa didatangi secara virtual, dengan berkunjung ke situs beliyangbaik.org. Pengunjung tinggal memasukkan alamat email untuk masuk arena pameran virtual.

Sebagaimana dikutip dari siaran pers WWF Indonesia, “’Beli Yang Baik’ Sustainable and Consumption Expo” ini dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti pameran virtual dan non virtual, dialog multi pihak, talkshow dan workshop dengan para pakar dan pelaku usaha produk berkelanjutan, aktivitas untuk anak-anak, dan juga hiburan ringan.

Produk berkelanjutan

Untuk informasi, definisi produk berkelanjutan (sustainable product)  ialah benda hasil produksi atau jasa yang diusahakan seminim mungkin dampak buruknya bagi lingkungan alam, dalam proses produksinya, selama penggunaan, dan masa habis pakai.

Contoh yang hangat adalah produk minyak kelapa sawit, yang sering disebut menimbulkan kerusakan alam karena kegiatan industri perkebunan kelapa sawit.

Namun tidak semua kegiatan industri perkebunan kelapa sawit seperti itu, karena memang ada proses kerja yang lebih bertanggung jawab sehingga dampak buruknya bagi lingkungan jauh lebih kecil.

Kegiatan perkebunan dan produksi itu sudah dilakukan oleh anggota RSPO.

Di Beli yang Baik Expo inilah masyarakat akan memperoleh pengetahuan baru (edukasi) mengenai produk-produk berkelanjutan itu.

Konsumen cerdas

Ada pula edukasi mengenai gaya hidup yang berkelanjutan, dalam arti aktivitas sehari-hari yang lebih peduli kepada kelestarian lingkungan alam dan sosial.

Menurut Lukas Adhyakso, selaku Chief Operating Officer Yayasan WWF Indonesia, melalui expo ini pihaknya berkampanye soal gaya hidup berkelanjutan itu.

“’Beli Yang Baik’ Sustainable Consumption and Production Expo” dan website Beli Yang Baik merupakan bagian dari Kampanye Beli Yang Baik, yang sejalan dengan Tujuan 12 Sustainable Development Goals, yaitu pencapaian Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab," kata Lukas.

Pengunjung akan diperkenalkan dengan 6 aksi Beli Yang Baik untuk konsumsi bertanggung jawab, yaitu: Beli yang perlu, Beli yang lokal, Beli yang alami, Beli yang awet, Beli yang ekolabel, dan Mau dibawa ke mana (sampahnya).

Dengan mempraktikan 6 aksi ini, setidaknya masyarakat sudah berperan dalam upaya menjaga kelestarian alam.

Mendengar kata edukasi, mungkin terbayang sekolah atau seminar yang serius. Jangan khawatir, edukasi dilakukan lewat program bincang-bincang yang santai, namun isinya berbobot.

Belanja

Bagian yang menarik dari expo ini tentu saja adalah kegiatan belanjanya. Pengunjung yang datang ke Kuningan City bisa melihat langsung produk berkelanjutan yang ada di sana.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved