Wisata Jakarta

Masjid Ramlie Musofa: Bukan Sekadar "Taj Mahal" di Jakarta

Masjid Ramlie Musofa ini sangat mirip dengan monumen Taj Mahal di India. Ramli Rasidin yang mendirikan masjid ini memang terinspirasi dari sana.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribunnews/Rizki Sandi Saputra
Masjid Ramlie Musofa ini sangat mirip dengan monumen Taj Mahal di India. Ramli Rasidin yang mendirikan masjid ini memang terinspirasi dari Taj Mahal yang terkenal sebagai simbol cinta. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Bukan hanya masjid kuno yang menarik disambangi saat liburan di Jakarta, karena ada masjid-masjid baru dengan arsitektur ciamik yang sayang bila dilewatkan.

Salah satunya adalah Masjid Ramlie Musofa, di Jalan Danau Sunter Raya Selatan, Kecamatan Tangjungpriok, Jakarta Utara.

Tidak sulit menemukan masjid berusia 5 tahun ini, sebab bangunannya tampil jauh berbeda dari bangunan-bangunan di sekitarnya.

Masjid Ramlie Musofa terletak di Jalan Danau Sunter Selatan Raya, tepat di seberang Danau Sunter.
Masjid Ramlie Musofa terletak di Jalan Danau Sunter Selatan Raya, tepat di seberang Danau Sunter. (Tribunnews/Rizki Sandi Saputra)

Bila melihat ada bangunan putih seperti monumen Taj Mahal di India, itulah Masjid Ramlie Musofa. Maka tak mengherankan bila masjid ini memiliki julukan Taj Mahal mini.

Masjid yang berdiri tepat di seberang Danau Sunter ini kerap menjadi perhatian setiap masyarakat yang melintas Jalan Danau Sunter Raya Selatan.

Tidak hanya bangunannya yang menarik perhatian masyarakat, tetapi juga ukiran Surat Al-Fatihah di dinding gerbang masjid ini, dan Surat Al-Qariah di dinding balustrade.

Pertama, ukiran itu berwarna emas di atas dinding marmer warna hitam, sehingga terlihat mewah sekaligus mencolok.

Dan yang kedua, selain tertulis dalam huruf Arab, surat itu diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin.

Lalu tempat wudhu di masjid ini juga istimewa, karena mirip dengan toilet Masjid Nabawi di kota Madinah. Kalau begitu, mari kita membahas keistimewaan masjid ini.

1. Taj Mahal

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved