Ingin Difungsikan sebagai Syarat Bepergian, Aplikasi Pedullindungi Versi Mobile Malah Error

Aplikasi Pedulilindungi versi mobile masih mengalami gangguan teknis, sehingga tak bisa digunakan.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Play Store
Para pelaku perjalanan di Indonesia harus memasang (install) aplikasi Pedulilindungi, yang fungsinya untuk menyimpan dokumen persyaratan perjalanan secara digital. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Saat ini, masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan transportasi umum, wajib memasang (install) aplikasi pedulilindungi di telepon pintarnya.

Pasalnya, aplikasi itu nanti akan menjadi alat untuk memeriksa dokumen persyaratan perjalanan, yang wajib dimiliki para pelaku perjalanan.

Dengan kata lain, aplikasi Pedulilindungi ini akan menjadi paspor kesehatan bagi masyarakat.

Untuk diketahui, selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, sertifikat vaksinasi menjadi syarat seseorang melakukan perjalanan jarak jauh.

Apapun moda transportasinya, pesawat udara, kereta api, atau bus, harus menunjukkan bahwa individu itu sudah mendapat vaksinasi Covid-19, meskipun baru dosis pertama.

Persyaratan lainnya ada hasil uji Covid-19, yakni tes PCR bagi calon penumpang pesawat, dan minimal tes cepat antigen bagi calon penumpang kereta api atau bus antar kota antar provinsi.

Mulai 4 Juli 2021, semua dokumen itu akan tersimpan di sistem baru Kementerian Kesehatan, dan masyarakat bisa mengaksesnya lewat akun Pedulilindungi miliknya sendiri.

Notifikasi yang muncul setiap aplikasi Pedulilindungi versi mobile dibuka di telepon pintar, sehingga tak bisa digunakan oleh masyarakat.
Notifikasi yang muncul setiap aplikasi Pedulilindungi versi mobile dibuka di telepon pintar, sehingga tak bisa digunakan oleh masyarakat. (Play Store)

 

Masalah teknis

Sayangnya, ide untuk memudahkan masyarakat ini terkendala oleh masalah teknis untuk versi mobile-nya.

Sejumlah orang yang sudah mengunduh dan memasang aplikasi ini di telepon pintarnya mengeluh, aplikasi ini tidak berfungsi sebagaimana mustinya.

Keluhan terbanyak di Play Store menyatakan bahwa ketika akan digunakan, selalu muncul notifikasi tentang tidak adanya koneksi internet di gawai yang digunakan. Padahal tidak ada masalah dengan koneksi internet.

Beberapa orang menulis mereka telah menghapus dan memasang kembali aplikasi Pedulilindungi secara berkali-kali, namun masalah yang muncul tetap sama.

Maka tidak mengherankan bila aplikasi ini hanya mendapat rating 2,7 bintang dari 69.072 pengguna di aplikasi Play Store.

Bisa jadi aplikasi yang tersedia di Play Store itu belum dimutakhirkan lagi, karena tercantum di sana pemutakhiran terakhir (last update) pada 19 Maret 2021.

Data valid

Sebagaimana dilansir laman Kementerian Kesehatan, untuk memudah masyarakat yang akan bepergian ini, Kementerian Kesehatan memberikan akses bagi operator transportasi udara, sehingga mereka bisa melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan calon penumpang secara otomatis.

Nantinya penumpang tinggal dengan menunjukkan QR code di aplikasi Pedulilindungi, atau memberikan nomor e-KTP atau NIK di kaunter check-in.

Dengan begitu penumpang tidak perlu lagi menunjukkan dokumen cetak (hardcopy) kepada petugas pendaftaran penumpang.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dengan mekanisme itu dapat dipastikan bahwa hanya penumpang yang sehat yang bisa masuk ke pesawat sebab hanya dokumen yang valid yang masuk ke sistem Pedulilindungi.

Halaman selanjutnya

NAR

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved