WNI Datang dari Luar Negeri Wajib Tes PCR Lagi dan Karantina 5 Hari

WNI yang datang dari luar negeri harus melakukan tes PCR ulang begitu tiba di bandara di Indonesia, dan melakukan karantina.

Warta Kota/Angga Baghya N
Orang yang datang dari luar negeri wajib melakukan tes PCR begitu tiba di Indonesia. Keterangan foto: Tes PCR diawali dengan mengambil sampel, dengan cara mengusap dinding hidung dan dinding tenggorokan dengan alat. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Warga negara Indonesia (WNI) yang kembali dari luar negeri harus melakukan tes PCR lagi, begitu tiba di Indonesia.

Inilah salah satu aturan baru yang dikeluarkan Satgas penangan Covid-19, dalam bentuk Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020,

Perkembangan situasi Covid-19 yang terliham suram, membuat Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan protokol kesehatan (prokes) baru pada Senin 28 Desember 2020.

Prokes ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020, yang isinya mengatur perjalanan orang dalam masa pandemi Covid-19.

Perjalanan antarnegara

Surat edaran ini tak jauh berbeda dari SE Nomor 3 Tahun 2020, namun lebih detail lagi membicarakan prokes untuk perjalanan manusia antarnegara.

Prokes ini berlaku mulai 28 Desember 2020 sampai 14 Januari 2021.

Mutasi virus

Latar belakang dikeluarkannya surat edaran ini adalah temuan varian baru dari SARS-CoV-2 di Wales selatan, Inggris, yang kemudian dikenal dengan nama ilmiah B117.

Varian baru ini, yang merupakan mutasi dari virus asli SARS-CoV-2, diyakini para ahli memiliki kemampuan penularan lebih cepat lagi, sehingga Satgas Penangan Covid-19 perlu melakukan langkah antisipasi, untuk memproteksi masyarakat Indonesia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved