Sektor Penerbangan Nasional Bergairah di Bulan Oktober 2020. Inilah 3 Penyebabnya

Sektor penerbangan mengalami kegairahan yang menjanjikan, selama bulan Oktober. Tiga faktor ini diyakini sebagai penyebabnya.

Istimewa/Angkasa Pura II
Pesawat Garuda Indonesia sedang memuat bagasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Libur panjang di akhir bulan Oktober, dan stimulus penghapusan sementara airport tax berhasil menggairahkan sektor transportasi udara selama bulan Oktober 2020.

Selain itu ada faktor yang paling krusial, yakni pulihnya kepercayaan konsumen penerbangan.

Lalu lintas penerbangan di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II sepanjang Oktober 2020 mengalami kenaikan tertinggi, sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Pada 1 – 31 Oktober, jumlah penumpang di 19 bandara PT Angkasa Pura II mencapai 2,14 juta orang, atau melonjak sekitar 19 persen, dibandingkan dengan 1 – 30 September yang sebanyak 1,79 juta orang.

Seiring dengan kenaikan jumlah penumpang, pergerakan pesawat meningkat 10 persen, dari 23.879 penerbangan menjadi 26.304 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, jumlah penumpang sepanjang Oktober 2020 tercatat 1,25 juta penumpang, atau melambung 20 persen dari September 2020.

Adapun jumlah penerbangan naik 12 persen menjadi 15.537 penerbangan.

Pulihnya kepercayaan

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan kenaikan jumlah penumpang dan penerbangan dipengaruhi beberapa hal.

Salah satunya karena semakin yakinnya masyarakat terhadap protokol kesehatan di bandara-bandara yang dikelaola Angkasa Pura II.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved