Asyik, 3 KA Lokal ini Sudah Beroperasi Kembali, Sila Cek Jadwalnya

Tiga Kereta Api (KA) Lokal di Daop 1 Jakarta kembali beroperasi, yakni KA Walahar Express, KA Jatiluhur, dan KA Siliwangi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/AC Pingkan
PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta kembali mengoperasikan 3 KA Lokal, yakni KA Walahar Express, KA Jatiluhur, dan KA Siliwangi mulai 22 September 2021. Keterangan foto: (Ilustrasi) KA Walahar Express di Stasiun Purwakarta, November 2019. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Rasa rindu pencinta kereta api akan kereta api lokal akhirnya terobati, setelah PR Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan kembali Kereta Api (KA) Lokal mulai Rabu (22/9).

Untuk Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, KA Lokal yang kembali beroperasi adalah KA Walahar (relasi Cikarang-Purwakarta PP), KA Jatiluhur (Cikampek-Cikarang PP), dan KA Siliwangi (Sukabumi-Cipatat).

Selain untuk melayani masyarakat yang akan berpergian di wilayah aglomerasi, ketiga KA tersebut merupakan favorit traveller penggemar kereta api.

Mengingat spandemi Covid-19 masih berlangsung, hanya tidak separah kondisinya tidak separah tiga bulan lalu, calon penumpang tetap harus memenuhi persyaratan melakukan perjalanan.

"Penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang terdapat data vaksin minimal dosis pertama," ujar Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, kemarin.

Bukti vaksinasi Covid-19 tersebut akan diperiksa petugas boarding melalui layar komputer, sebelum penumpang naik kereta.

Data vaksinasi muncul secara otomatis di layar komputer petugas boarding, karena KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding.

KAI juga mewajibkan calon penumpang menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada saat pembelian atau pemesanan tiket KA Lokal.

"Jika data tidak muncul dilayar komputer petugas, maka pemeriksaan akan dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu vaksinasi," ucap Eva.

Berikut syarat dan ketentuan perjalanan KA Lokal dalam wilayah atau kawasan aglomerasi:

  • Penumpang telah divaksin minimal dosis pertama
  • Menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi Peduli Lindungi atau kartu vaksin
  • Menunjukkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah, apabila belum dapat divaksin karena kondisi tertentu
  • Anak-anak di bawah umur 12 tahun, untuk sementara tidak diperkenankan melakukan perjalanan
  • Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius;

  • Penumpang wajib menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis. Masker digunakan dengan benar menutupi hidung dan mulut;

     

  • Penumpang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama (5m);

     

  • Tidak diperkenankan berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung sepanjang perjalanan;

     

  • Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan, yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Memperpendek relasi

KA Walahar melayani penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp4.000.

KA Walahar Ekspres (Purwakarta-Cikarang) kembali beroperasi mulai Rabu (22/9/2021).
KA Walahar Ekspres (Purwakarta-Cikarang) kembali beroperasi mulai Rabu (22/9/2021). (Dok PT KAI Daop 1 Jakarta)
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved