Kereta Api

Kini 14 Stasiun di Pulau Jawa Memiliki Fasilitas Tes Covid-19 Menggunakan GeNose C19

Kini 14 stasiun kereta api di Pulau Jawa telah memiliki fasilitas pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta kota/Joko Supriyanto
Kini 14 stasiun kereta api di Pulau Jawa telah memiliki fasilitas pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19. Keterangan foto: Sejumlah calon penumpang kereta api jarak jauh melakukan tes GeNose C19 di Stasiun Pasarsenen Jakarta, Jumat (5/2/2021), agar diperbolehkan naik ke kereta api. 

WARTA KOTA TRAVEL -- PT Kereta Api Indonesia tampaknya semakin mantap menggunakan GeNose C19, sebagai alat skrining Covid-19.

Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak stasiun yang menggunakan alat deteksi virus corona 2, buatan ilmuwan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa PT KAI menambah layanan GeNose C19 di dua stasiun, yaitu Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang. Kedua Stasiun ini ada di wilayah Jawa Timur.

"Dengan tambahan dua stasiun ini, total stasiun yang menggunakan GeNose C19 untuk calon penumpang Kereta Api (KA) menjadi 14," kata Joni dalam keterangan pers, Kamis (11/3/2021).

Peningkatan layanan

Dia juga menjelaskan, mengadakan layanan tes skrining Covid-19 adalah upaya meningkatkan pelayanan bagi calon penumpang KA, di tengah pandemi Covid-91.

Sebagai informasi, stasiun KA jarak jauh yang sebelumnya telah melayani pemeriksaan GeNose C19 antara lain Stasiun Pasarsenen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng dan Malang.

Layanan tes skrining Covid-19 menggunakan GeNose C19 ini, lanjut Joni, memiliki tarif Rp 20.000 untuk satu kali pemeriksaan.

Syarat tes GeNose C19

"Sebelum melakukan tes dengan GeNose C19, calon penumpang tidak diperkenankan untuk makan dan minum kecuali air mineral, serta merokok selama 30 menit sebelum pemeriksaan," katanya.

Sumber: Tribunnews

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved