GeNose C19

GeNose C19 juga akan Hadir di Bandara Soekarno Hatta mulai 1 April 2021

Bandara Soekarno Hatta akan memberikan layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19, mulai 1 April 2021.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta kota/Joko Supriyanto
Pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose C19 juga diberlakukan di Bandara Soekarno Hatta, mulai 1 April 2021. Keterangan foto: Sejumlah calon penumpang kereta api jarak jauh melakukan tes GeNose C19 di Stasiun Pasarsenen Jakarta, Jumat (5/2/2021), agar diperbolehkan naik ke kereta api. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Ada kabar baik bagi para pencinta jalan-jalan, yaitu mulai 1 April 2021 alat tes Covid-19 GeNose C19 tersedia di Bandara Soekarno Hatta.

Hal ini diungkapkan VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura (AP) II, Yado Yarismano.

"Rencananya, penggunaan GeNose C19 akan digunakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 1 April 2021 mendatang," kata Yado pada Selasa (2/3).

Untuk informasi, Soekarno Hatta adalah bandara yang dikelola oleh PT AP II. Bandara ini akan menjadi uji coba GeNose C19 di bandara yang dikelola AP II.

Dalam rangka implementasi GeNose C19 ini, AP II telah mempersiapkan beberapa lokasi yang akan digunakan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 bagi calon penumpang pesawat.

"Implementasi GeNose C19 di bandara-bandara Angkasa Pura II akan bertahap diperluas ke bandara lain yang dikelola," tambah Yado.

Menambah opsi

Penggunaan GeNose C19 ini di bandara adalah amanat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk memberikan opsi skrining Covid-19 yang lebih banyak bagi calon penumpang pesawat udara.

Penggunaan GeNose C19 untuk transportasi udara akan mulai 1 April 2021, dan uji coba akan dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengatakan penggunaan GeNose C19 di bandara memberi opsi lebih banyak dalam melakukan tes Covid-19.

Saat ini tes Covid-19 yang tersedia hanya tes PCR dan rapid test Antigen, dengan tarif yang cukup mahal.

Menurut Novie, layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di bandara akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari bandara kecil, medium, lalu besar.

Mempermudah

Sebelumnya Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA), Denon Prawiraatmadja, menilai bahwa bahwa layanan GeNose C19 ini dapat memudahkan proses verifikasi syarat perjalanan penumpang pesawat di bandara.

"Selain itu, GeNose C19 ini juga membuat proses pemeriksaan Covid-19 di bandara menjadi lebih cepat, praktis dan juga murah," kata Denon pada pekan lalu. (Hari Indrawan)

Sumber: Tribunnews

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved