Marshanda Berlibur Sekaligus Berobat ke Amerika Serikat

Marshanda pergi ke Amerika Serikat sebagai upaya mengatasi masalah kesehatan jiwanya, dengan melakukan terapi ketamin di New York.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/marshanda99
Marshanda pergi ke Amerika Serikat sebagai upaya mengatasi masalah kesehatan jiwanya, dengan melakukan terapi ketamin di New York. Keterangan foto: Marshanda di New York, AS pada September 2021. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Motivasi setiap orang melakukan wisata itu berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhannya.

Kalau Andriani Marshanda, motivasinya berangkat ke Amerika Serikat pada akhir Agustus lalu ialah upaya menyehatkan kembali dirinya, terutama kesehatan jiwa.

Hal ini diungkapkan Chacha, begitu panggilan akrab aktris sinetron ini, di video yang diunggahnya ke Instagram pada waktu itu.

Tujuan utamanya adalah melakukan terapi ketamin, sebagaimana diutarakannya dalam video bertajuk Never This Naked episode 3, yang tayang di kanal YouTube-nya, Marshed, pada Minggu (3/10).

Menurut saran psikiaternya dari Amerika Serikat, Marshanda harus melakukan terapi ketamin ini untuk mengatasi masalahnya.

"Setelah gua riset, orang-orang yang banyak melakukan ketamin terapi ini memiliki treatment resistant depression," kata ibu satu anak ini.

"So ini untuk orang yang mengalami depresi, karena dalam bipolar disorder kan ada depresinya juga tuh, I experienced that sometime. Ada orang-orang yang sudah minum-minum obat psikiatri, sudah konseling, tapi masih mengalami depresi," lanjutnya.

Infus

Ketamin dapat membantu mengatasi masalah itu, dan di Amerika Serikat terapi itu sudah dilakukan di banyak tempat.

"Gua pilih New York sebagai (lokasi) klinik yang melakukan terapi ketamin buat gua karena kata orang-orang di sini klinik yang bagus untuk terapi ketamin itu di New York," kata Marshanda.

Bentuk terapinya adalah larutan ketamin dicampur dengan larutan garam dengan rasio tertentu dimasukkan ke tubuhnya dengan metode infus.

Satu paket itu terdiri dari 4 kali infus dalam kurun waktu 2 pekan. Jadi dalam satu pekan Marshanda melakukan dua kali infus ketamin.

Ilegal di Indonesia

Terapi ketamin ini tak mungkin dilakukan di Indonesia, sebab ketamin digolongkan sebagai narkotika oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) karena zat ini sering disalahgunakan sebagai obat rekreasi.

Padahal awalnya, tahun 1970-an, ketamin digunakan sebagai obat penenang di Amerika Serikat, terutama untuk para tentara yang baru kembali dari perang Vietnam dan mengalami depresi PTSD sehingga memiliki keinginan bunuh diri.

Menurut laman WebMD, saat digunakan sebagai narkotika rekreasi, ketamin hanya menghasilkan efek mengawang-awang seolah-olah terlepas dari dunia ini.

Menghidupkan sinapsis

Namun dalam terapi ketamin yang dilakukan klinik resmi dan di bawah pengawasan dokter, sehingga dosis yang diberikan berdasarkan penelitian, ketamin dapat menghidupkan kembali sinapsis di otak.

Sinapsis adalah bagian penting dalam sistem saraf manusia, karena memungkinkan saraf berkomunikasi satu sama lain.

Seseorang yang mengalami depresi menyebabkan kerja sinapsisnya berkurang atau mati, sehingga dia semakin depresi.

Karena itulah terapi ketamin ini diberikan kepada penderita treatment resistant depression.

Chacha tidak menceritakan lebih lanjut apa yang dirasakannya sesudah melakukan terapi itu di video episode 3 ini.

Mungkin dia menyimpannya untuk episode 4 dari serial Never This Naked.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved