Bandara Soekarno Hatta Termasuk Bandara Terhigienis di Kawasan Asia Pasifik

Bandara Soekarno Hatta mendapat penghargaan Bandara Terhigienis di kawasan Asia Pasifik, bersama enam bandara lainnya di regional yang sama.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/AC Pingkan
Biosecurity management, yang diterapkan PT Angkasa Pura II, di Bandara Internasional Soekarno Hatta antara lain menyediakan hand sanitizer dan papan petunjuk menuju tempat validasi dokumen bepergian di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadi salah satu bandara terhigienis di kawasan Asia Pasifik.

Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Best Hygiene Measures by Region Asia Pacific dari Airport Council International (ACI).

Selain Bandara Soekarno Hatta, Bandara Depati Amir, Pangkapinang dan Bandara Husein Sastranegara, Bandung juga memperoleh penghargaan yang sama.

Mesin detektor barang bawaan penumpang di Bandara Soekarno Hatta kini dilengkapi alat sterilisasi menggunakan sinar ultraviolet.
Mesin detektor barang bawaan penumpang di Bandara Soekarno Hatta kini dilengkapi alat sterilisasi menggunakan sinar ultraviolet. (Warta Kota/AC Pingkan)

Setelah dunia dihajar oleh pandemi Covid-19, tuntutan konsumen berubah menjadi kebersihan dan kesehatan di semua sektor industri, termasuk industri pariwisata.

Hal ini berlaku juga untuk layanan bandar udara, yang merupakan salah satu bagian penting dalam industri pariwisata.

Menyadari hal itu, maka PT Angkasa Pura II segera mempersiapkan bandara-bandara yang mereka kelola, untuk memenuhi tuntutan konsumen tersebut.

Hasilnya saat ini adalah penghargaan Best Hygiene Measures tadi.

Memiliki program higienis

ACI menyebutkan bahwa penghargaan Best Hygiene Measure by Region diberikan kepada bandara yang dinilai dapat menjalankan program untuk memperkuat aspek higienis dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

"Penilaian terhadap bandara yang mendapatkan penghargaan ini diukur dari efektivitas program keselamatan dan higienis, kejelasan rambu dan instruksi terkait program keselamatan dan higienis, serta kemampuan staf bandara dalam mengaplikasikan program keselamatan dan higienis," tulis ACI dalam keterangannya, Rabu (3/3/2021).

Selain itu, penghargaan ini pun mengukur tingkat kepercayaan konsumen, dalam hal ini para penumpang, terkait program keselamatan dan higienis serta tingkat tekanan berdasar pengalaman.

Director General ACI World, Luis Felipe de Oliveira, mengatakan bahwa para pelanggan bandara Angkasa Pura II telah mengutarakan pendapatnya, dan mengakui kesuksesan tim pengelola bandara di tengah tantangan yang sulit saat ini.

Dia juga mengungkapkan, bahwa Angkasa Pura II telah mewujudkan pengalaman konsumen yang luar biasa pada situasi menantang seperti sekarang.

Prestasi pemangku kepentingan

President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pencapaian tiga bandara ini merupakan keberhasilan seluruh pemangku kepentingan di bandara dalam menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan.

"Prestasi yang didapat oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Depati Amir bukan hanya keberhasilan Angkasa Pura II semata," kata Awaluddin.

Awaluddin menyebutkan para pemangku kepentingan itu, yakni Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai penerbangan, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan juga Satgas Udara Penanganan Covid-19. Mereka semua yang sangat menjaga berjalannya protokol kesehatan.

Program yang dijalankan

Sementara itu menurut Director of Operation PT Angkasa Pura II, Muhamad Wasid, di tengah pandemi ini pihaknya memperkenalkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management untuk memperkuat aspek higienis di seluruh bandara.

"Biosafety Management memiliki sejumlah program untuk memutus mata rantai penularan bahaya biologi, yakni biohazard precautions, environment screening, infrastructure sterilization, public health assurance, dan laboratory testing facilities," kata Wasid.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved