Natal dan Tahun Baru

Ancol dan Taman MiniTetap Jadi Destinasi Liburan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Masyarakat tetap pergi berlibur, meski masih di tengah situasi pandemi Covid-19.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Dok. Taman Impian Jaya Ancol
Masyarakat tetap pergi berlibur meski masih di tengah situasi pandemi Covid-19. Keterangan foto: Kavling piknik pantai Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Masyarakat zaman sekarang tampaknya semakin menyadari pentingnya liburan.

Apalagi setelah berbulan-bulan menahan diri untuk tidak berlibur, gara-gara pandemi Covid-19, banyak orang akhirnya memberanikan pergi berwisata di tengah masa pandemi ini.

Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung dua objek wisata utama di Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu (3/1).

Tentunya mereka tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk mengurangi kemungkinan tertular virus corona 2.

Boleh jadi ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah menjadi biasa dengan situasi pandemi, dan rasa percaya dirinya meningkat.

Ancol

Pada hari terakhir libur Tahun Baru 2021 itu, 19.000 berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Menurut Rika Lestari, selaku Dept Head Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol, angka itu tercatat pada pukul 13.00.

Sementara sehari sebelumnya jumlah pengunjung lebih banyak lagi, yakni hampir 30.000 orang.

“Untuk Sabtu (2/1/2021) jumlah pengunjung mencapai 29.000 orang,” kata Rika.

Berhubung saat ini masih di tengah situasi pandemi Covid-19, maka pihak Ancol harus tegas menerapkan protokol kesehatan.

Vice President Taman Impian Jaya Ancol, Budi Aryanto, menjelaskan bahwa pihaknya membuat kavling-kavling di pantai, agar pengunjung tidak berdekatan saat piknik.

Setiap kavling memiliki garis pembatas, dan ada jarak cukup lebar dengan kavling lainnya. Upaya ini untuk memenuhi aturan menjaga jarak dalam protokol kesehatan.

"Ada yang berbentuk kotak persegi, bulat, dan segilima. Masing-masing dengan luas sekitar 3 x 3 meter, yang dibatasi dengan bambu dan tali," kata Budi dalam keterangan tertulis.

"Manajemen Taman Impian Jaya Ancol melakukan pembatasan agar pengunjung tetap menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya," imbuh Budi.

Penerapan protokol kesehatan lainnya ialah membatasi kapasitas pengunjung, mewajibkan pembelian tiket secara daring, memakai masker, serta menyediakan fasilitas cuci tangan.

"Pembersihan kawasan dan fasilitas juga rutin dilakukan menggunakan cairan disinfektan," tandas Budi.

TMII

Sementara itu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur dikunjungi 8.000-an pengunjung pada hari Minggu kemarin.

“Untuk pengunjung jumlahnya 8.608 orang sampai pukul 12.00,” kata Kabag Humas dan Promosi TMII, Suseno, pada Minggu kemarin.

Dan selama libur Natal dan Tahun Baru, tercatat 51.113 orang yang berwisata ke TMII, selama 12 hari mulai 24 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021.

Adapun, jumlah kunjungan paling banyak terjadi pada akhir pekan, di mana jumlah pengunjung meningkat lebih dari dua kali lipat dari hari biasa selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Kunjungan paling banyak ada pada 27 Desember 2020 sebanyak 11.202 orang, dan pada 2 Januari 2021 dengan 11.446 orang,” kata Suseno.

Sebagaimana di Ancol, pengunjung TMII juga diwajibkan melakukan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. (Junianto Hamonangan)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved