Wisata Tangerang

Ecofarm Koang Jaya ini Cocok Dikunjungi saat Sedang Penat

Ecofarm di Kelurahan Koang Jaya, Kota Tangerang adalah kebun pertanian kota, yang juga dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Warta Kota/Andika Panduwinata
Ecofarm di Kelurahan Koang Jaya, Kota Tangerang adalah gerakan pertanian kota untuk ketahanan pangan warga setempat, yang juga dikembangkan sebagai destinasi wisata. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Gaya hidup urban farming, atau pertanian kota, sedang naik daun di masa pandemi Covid-19.

Melihat tren tersebut, Pemerintah Kota Tangerang menghadirkan destinasi wisata agrowisata, untuk masyarakat pehobi bertani dan berkebun.

Tempat wisata itu bernama Ecofarm, yang terletak di Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci. Luasnya mencapai 3.000 meter.

Warga RW 05 Kelurahan Koang Jaya sedang menyiram tanaman pangan yang digarapnya di lahan Ecofarm.
Warga RW 05 Kelurahan Koang Jaya sedang menyiram tanaman pangan yang digarapnya di lahan Ecofarm. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Sebenarnya, Ecofarm adalah upaya Pemkot Tangerang dalam memberdayakan lahan tidur, untuk memperkuat ketahanan pangan warganya.

Namun lahan pertanian itu ternyata juga menarik sebagai destinasi wisata minat khusus.

Hijau dan asri

Saat Andika Panduwinata, reporter Warta Kota, berkunjung ke sana, kesan yang diperolehnya adalah rasa tenang dan segar melihat hamparan tanaman yang hijau dan asri.

Ecofarm ini dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, dengan melibatkan warga RW 05 Kelurahan Koang Jaya.

Dirancang dengan konsep agrowisata, Ecofarm dibuat tidak hanya untuk menghasilkan tanaman yang produktif, tetapi juga menarik dari segi penampilan karena tanamannya diatur agar terlihat indah dan rapi.

"Dulu ini lahan yang tak terpakai. Sejak bulan Agustus lalu kami kelola bersama warga setempat. Kami juga memberikan pendampingan kepada warga secara berkala, dan memberikan bibit tanaman," ujar Kepala Bidang Pertanian DKP Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto, Jumat (1/1/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved