Ancol Beroperasi Kembali, Masyarakat Boleh Piknik di Pantai tapi Belum Boleh Berenang

Taman Impian Jaya Ancol beroperasi kembali mulai Selasa (14/9/2021). Namun pengunjung masih belum boleh berenang di pantai.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Taman Impian Jaya Ancol beroperasi kembali mulai Selasa (14/9/2021). Namun pengunjung masih belum boleh berenang di pantai. Keterangan foto: Suasana pantai di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara pada Hari Raya Idulfitri, Kamis (13/5/2021). 

WARTA KOTA TRAVEL -- Kabar gembira bagi warga Jakarta yang sudah kangen pantai, mulai Selasa (14/9/2021) sudah bisa piknik lagi di pantai-pantai di Taman Impian Jaya Ancol.

Bukan hanya itu, unit rekreasi lainnya di Ancol juga sudah boleh menerima pengunjung, antara lain Dunia Fantasi, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Ocean Dream Samudra, dan Gondola.

Selain itu Putri Duyung Resor juga sudah beroperasi kembali.

Tidak boleh berenang

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, mengatakan ada sejumlah ketentuan yang harus ditaati oleh para pengunjung. Salah satu tidak boleh berenang di pantai.

“Tidak diizinkan untuk berenang di pantai, dan wajib mematuhi seluruh peraturan yang ada di dalam kawasan wisata Ancol,” ujar Sahirlewat keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Selanjutnya pengunjung juga wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi untuk memindai QR Code, dan memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat sebelum berekreasi.

“Wajib sudah ikut vaksinasi, minimal vaksin dosis pertama, dan anak di bawah usia 12 tahun belum diizinkan untuk berekreasi,” katanya.

Membeli tiket daring

Masyarakat yang akan rekreasi ke Taman Impian Jaya Ancol dapat datang berlibur pada jam operasional pukul 06.00 – 21.00.

Calon pengunjung wajib membeli tiket secara daring melalui ancol.com. Kemudian buktinya ditunjukkan kepada petugas di Gerbang Ancol, sekaligus proses check-in aplikasi PeduliLindungi.

“Kami berharap uji coba dibukanya kawasan rekreasi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, oleh masyarakat yang sudah rindu liburan di Taman Impian Jaya Ancol,” kata Sahir.

Manajemen Ancol menurunkan petugas patroli yang akan mengawasi dan memantau perilaku pengunjung secara konsisten.

Seluruh unit rekreasi yang dibuka sudah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE), termasuk restoran yang ada di dalamnya.

“Manajemen menyambut baik kabar tersebut dan telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari peningkatan protokol kesehatan berbasis CHSE dari Kemenparekraf dan integrasi PeduliLindungi,” ujar Sahir.

Protokol kesehatan

Pengunjung juga diminta menerapkan protokol kesehatan selama berekreasi, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan tidak membuat kerumunan.

“Marilah kita disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan baik, agar aktivitas liburan menjadi aman dan menyenangkan,” tandas Sahir.

Taman Impian Jaya Ancol direkomendasikan beroperasi kembali dalam uji coba pembukaan kawasan rekreasi, berdasarkan SE Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nomor: SE/8/IL.04.00/DII/2021. (Junianto Hamonangan)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved