Ibadah umrah

Individu dengan Penyakit Kronis Diimbau Tidak Berumrah di Masa Pandemi Covid-19

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengimbau jemaah yang memiliki penyakit kronis, agar jangan beribadah umrah dulu.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter/HajMinistry
Suasana Tawaf pada Ibadah Haji 1440 Hijriah atau tahun 2020. Pandemi Covid-19 membuat Pemerintah Kerajaan Arab Saudi membatasi jumlah jemaah Ibadah Haji. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan imbauan, agar jemaah umrah yang memiliki penyakit kronis menunda niatnya beribadah umrah.

Imbauan itu, sebagaimana dilansir Arab News, memang ditujukan kepada warga Saudi dan ekspatriat di negara itu, mengingat saat ini ibadah umrah baru diberikan kepada orang-orang yang sudah bermukim di sana.

Namun tak menutup kemungkinan imbauan itu juga ditujukan kepada jemaah internasional, yang akan kembali ke Kota Suci Mekah saat Pemerintah Saudi membuka fase 3 pemulihan ibadah umrah.

Daftar penyakit kronis

Dalam imbauannya, Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa individu dengan penyakit diabetes yang tak terkendali, tekanan darah tinggi, obesitas, sirosis, dan penyakit kardiovaskular yang pernah dilarikan ke rumah sakit dalam enam bulan terakhir, harus menunda ibadah umrahnya.

Sementara individu yang dirawat di rumah sakit dalam 12 bulan terakhir, untuk masalah cardiac insufficiency (kondisi di mana pompa jantung melemah), AIDS (immunodeficiency), penyakit dada yang kronis juga disarankan tak melakukan ibadah umrah dulu.

Begitu juga perempuan yang sedang hamil, diminta tidak beribadah umrah.

Imbauan ini tentunya berkaitan dengan pandemi Covid-19, di mana individu dengan penyakit kronis serta ibu hamil lebih rentan tertular virus corona 2 ini.

Tampaknya, tak tertutup kemungkinan aturan yang sama diberlakukan bagi jemaah internasional.

Arab Saudi memberlakukan tiga fase pemulihan ibadah umrah, di mana fase pertama, yang dimulai pada 4 Oktober lalu, hanya diikuti warga Saudi dan ekspatriat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved