Wabah Covid 19

Setiap Penumpang Pesawat Diperiksa Kesehatannya Begitu Tiba di Jerman

Para penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Tegel Berlin harus menjalani pemeriksaan kesehatan.

pexels.com
Ilustrasi pesawat terbang. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pemerintah Jerman akan melakukan pemeriksaan kesehatan, terhadap semua penumpang pesawat terbang yang baru tiba ke negara tersebut.

Sebagaimana diwartakan Channel News Asia (CNA) yang mengutip Reuters, kegiatan ini sudah dilakukan di Bandara Tegel Berlin pada Rabu (29/7).

Pemeriksaan dilakukan di dua ruangan, namun menurut juru bicara Bandara Tegel, mereka tengah mempersiapkan tempat yang lebih besar.

Hal ini mengindikasikan bahwa pemeriksaan itu akan menjadi salah satu bagian dari protokol operasional bandara di masa depan.

"Bisa dilihat dua ruangan ini terlalu kecil kan? Karena itu Terminal D, yang paling besar di Tegel, tengah disiapkan sebagai tempat pemeriksaan yang bisa memuat lebih banyak orang," kata Sabine Deckwerth, juru bicara Bandara Tegel.

Tidak disebutkan oleh Reuters maupun CNA jenis pemeriksaan yang akan dilakukan, tapi besar kemungkinan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) yang mereka lakukan, karena lebih pasti dalam mendeteksi Covid-19.

Kebijakan pemeriksaan ini diambil Jerman setelah Uni Eropa menizinkan lagi perjalanan antar-negara dalam satu regional, bahkan dari luar benua Eropa.

Maka jumlah penumpang yang datang dan pergi di bandara-bandara Jerman meningkat. Untuk mencegah kecolongan kasus impor, maka dilakukanlah pemeriksaan tersebut.

Menurut CNA, Bandara Frankfurt sudah terlebih dulu melakukan pemeriksaan itu, yakni beberapa pekan lalu sejak Uni Eropa melonggarkan PSBB ala mereka.

Masuk akal, sebab Bandara Frankfurt adalah bandara tersibuk di Jerman. Penerbangan dari luar Eropa juga banyak terdapat di Frankfurt, yang merupakan kota kegiatan keuangan Jerman.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved