Pasca Covid 19

Pemerintah Sisilia Akan Subsidi Wisatawan yang Datang di Musim Gugur 2020

Pemerintah Sisilia menawarkan subsidi yang menarik bagi para traveller, yang mau datang ke pulau tersebut pada musim gugur nanti.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/ig_visitsicily
Kota Castelmola di Pulau Sisilia dilihat dari atas. 

Pandemi Covid-19 ini membawa kesadaran baru di seluruh dunia bahwa industri pariwisata semakin penting dalam perekonomian sebuah negara.

Gara-gara pandemi ini, industri pariwisata jatuh dan koma. Bukan hanya bisnis hotel, transportasi, dan tempat hiburan yang terpengaruh, melainkan juga perekonomian masyarakat di sebuah destinasi wisata.

Celakanya, lumpuhnya pariwisata merambat ke sektor lain dan cenderung melahirkan krisis baru.

Maka tak mengherankan bahwa banyak negara berusaha membangkitkan industri pariwisata mereka secepatnya. Salah satunya adalah pemerintah wilayah Sisilia di Italia.

Sebagaimana diwartakan situs harian Evening Standard, otoritas Sisilia bersedia menanggung separuh biaya perjalanan wisatawan, yang mau datang ke pulau tersebut pada musim gugur tahun ini.

Bukan cuma itu, Pemerintah Sisilia juga akan menanggung sepertiga biaya akomodasi, dan menggartiskan tiket masuk atraksi wisata di sana.

Pemasukan yang hilang

Meski pun berada di bagian selatan Italia, Pulau Sisilia turut terpengaruh pandemi Covid-19. Meski pun kasus Covid-19 tidak tinggi di sana, mereka tetap harus melakukan penguncian wilayah (lockdown), seperti wilayah lainnya di Italia.

Maka, sejak tanggal 10 Maret 2020 Sisilia menutup diri dari pendatang, termasuk wisatawan.

Situasi dunia, terutama Italia, juga tidak memungkinkan orang dari luar negara tersebut berkunjung, sehingga semakin tertutuplah Sisilia.

Menurut Standard, sejak tanggal 10 Maret itu pemasukan yang hilang dari pariwisata mencapai 1 miliar euro, atau sekitar Rp 16,34 triliun.

Maka dari itu, Pemerintah Sisilia berusaha mengembalikan wisatawan secepatnya, supaya perekonomian mereka bergerak kembali.

Mensubsidi biaya perjalanan para wisatawan, agar mereka berbondong-bondong datang kembali, adalah cara yang ditempuh.

Mereka sudah menyiapkan 50 juta euro (Rp 815,3 miliar) untuk membiayai skema tersebut, dengan harapan modal investasi yang besar akan membawa pendapatan yang sesuai harapan.

Voucher

Lalu, bagaimana caranya untuk mendapatkan peluang menarik ini? Menurut Standard, subsidi itu diberikan dalam bentuk voucher, yang bisa diperoleh dengan mengunjungi situs daring Visit Sicily.

Disebutkan di sana, voucher itu baru tersedia ketika Pemerintah Italia membuka kembali perbatasan mereka. Belum diketahui kapan hal itu terjadi, mengingat Italia masih terus memberlakukan penguncian wilayah.

Meski pun begitu, tawaran menarik dari Pemerintah Sisilia ini sudah mengundang minat banyak orang. Terbukti dari banyaknya orang yang berusaha masuk ke situs Visit Sicily, sehingga membutuhkan cukup lama untuk membuka situs tersebut.

Melunak

Sampai hari ini belum ada pengumuman tanggal Italia akan membuka diri lagi. Namun, Pemerintah Italia sudah memperbolehkan restoran melayani pesan-antar pada 4 Mei besok.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved