Jangan Lupa, Besok Ganjil Genap Berlaku di Jalur Puncak dan Ditutup Mulai Pukul 18.00

Hanya kendaraan bermotor bepelat nomor polisi ganjil yang boleh masuk ke Jalur Puncak.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Hironimus Rama
Polres Bogor memberlakukan rekayasa Ganjil Genap di Jalur Puncak pada Jumat (31/12/2021) pagi, dan menutup Jalur Puncak untuk kendaraan yang akan ke atas mulai pukul 18.00. 

WARTA KOTA TRAVEL, CIAWI - Bagi masyarakat yang akan jalan-jalan ke Puncak di wilayah Kabupaten Bogor, di hari terakhir tahun 2021, jangan lupa bahwa berlaku aturan ganjil genap lalu lintas.

Selain itu, pihak Polres Bogor juga akan menutup Jalur Puncak untuk kendaraan bermotor dari Bogor menuju Cianjur mulai Jumat (31/12) mulai pukul 18.00 hingga Sabtu (1/1) pukul 06.00.

Dengan begitu, pada hari Jumat besok kendaraan bermotor yang boleh melintas adalah kendaraan dengan pelat nomor ganjil.

Kemudian, mulai pukul 18.00 tidak boleh ada kendaraan bermotor yang boleh naik ke arah Puncak.

Rekayasa lalulintas ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur Puncak pada Malam Tahun Baru.

Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap sejak pagi hingga pukul 18.00 WIB di jalur Puncak.

"Lalulintas arah Cianjur atau Puncak akan dialihkan via Jonggol dan Sukabumi," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Kamis (30/12/2021).

Tak hanya di kawasan Puncak, pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di sekitar Stadion Pakansari, Jalan Kandang Roda-Sentul, dan beberapa tempat lainnya.

"Langkah rekayasa arus lalu lintas ini dilakukan untuk mencegah kerumunan yang berpotensi menyebarkan wabah Covid-19, termasuk variaan barunya yaitu Omicron," kata Harun.

One way

Mantan Kapolres Lamongan ini menambahkan, pihaknya sudah menerapkan operasi ganjil genap (gage) dan rekayasa arus lalu lintas satu arah (one way) sejak liburan Natal kemarin.

“Operasi Gage kami laksanakan sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Di saat arus lalu lintas sangat padat, maka kami ambil langkah diskresi berupa penerapan one way,” katanya.

Pada Malam Tahun Baru, one way ke arah Jakarta dari arah Cianjur akan berlaku sejak 31 Desember 2021 pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pujul 12.00 WIB.

"Ini dilakukan untuk mencegah kemacetan dan kerumunan di Puncak pada malam pergantian tahun," tandas Harun. (Hironimus Rama)

 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved