Ada Gerai UMKM dan Oleh-oleh Tangerang di Kantor Kecamatan Neglasari,

Di lingkungan Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, telah berdiri gerai oleh-oleh khas Tangerang.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Andika Panduwinata
Batik Tangerang yang memiliki motif khas ini bisa menjadi oleh-oleh setiap berwisata ke Tangerang. Keterangan foto: Ketua TP PKK Kecamatan Neglasari, Aini Suci Wismansyah, memegang batik Tangerang yang dijajakan di gerai oleh-oleh yang berada di kantor Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Jumat (29/10/2021) 

WARTA KOTA TRAVEL -- Apa sih oleh-oleh dari Tangerang? Apa sih ciri khas Tangerang?

Itulah pertanyaan yang kerap muncul dari pendatang yang berkunjung ke wilayah Kota Tangerang.

Pertanyaan itu tidak salah, sebab sudah jadi budaya masyarakat Indonesia untuk membawa pulang oleh-oleh setiap kali bepergian.

Untuk menjawab pertanyaan itu, maka Rumah Ekonomi Kreatif Sahabat Andalan (REKSA) didirikan dan diresmikan oleh Camat Neglasari, Sani Soniawan, pada Jumat (29/10).

Bangunan yang berada di lingkungan kantor Kecamatan Neglasari itu bukan hanya untuk mewadahi kreativitas dan pergerakan ekonomi melalui UMKM di Kecamatan Neglasari, melainkan juga akan menjadi gerai oleh-oleh.

Ekonomi kreatif

Sani Soniawan menjelaskan bahwa REKSA adalah wadah bagi warga Neglasari untuk berkreasi, menyalurkan kreatifitas, dan juga menggerakkan perekonomian melalui UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Neglasari.

“Reksa ini nantinya bukan hanya sekadar bangunan, ini adalah wadah bagi warga Neglasari khususnya untuk bergerak melalui ekonomi kreatif. Nanti isinya bukan hanya UMKM saja, tetapi ada dari komunitas-komunitas baik dari bidang seni, teknologi, dan lain-lain,” katanya saat acara peresmian.

Sani berharap, REKSA juga menjadi wadah dan pemersatu seluruh komunitas yang ada di Kota Tangerang, sehingga dapat membangun Kota Tangerang bersama-sama.

“Saya harap, REKSA dapat menjadi pemersatu orang-orang yang penuh inspirasi dan kreativitas sehingga nanti ke depan dapat menampung komunitas-komunitas se-Kota Tangerang. Bukan hanya dari wilayah Neglasari, dan dapat bersinergi bersama-sama membangun Kota Tangerang,” ucapnya.

Gerai oleh-oleh

Bersamaan dengan peresmian REKSA, pada kesempatan yang sama juga diresimkan Gerai UMKM yang berada di Kantor Kecamatan Neglasari.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah, yang meresmikan gerai itu, berharap Gerai UMKM Kecamatan Neglasari ini bisa menjadi pusat oleh-oleh karena letaknya tidak jauh dari bandara.

“Saya harap di sini nanti bisa jadi pusat oleh-oleh ya karena beragam yang dijual, mulai dari makanan, baju, kopi dan lain sebagainya. Makanannya pun sudah terbungkus dengan rapi dan menarik. Sudah ada juga yang punya sertifikat BPOM, informasi dalam makanannya pun jelas,” kata Aini.

Ketua Forum UMKM Neglasari, Ray Muchyan mengatakan bahwa dukungan dari Kecamatan Neglasari terhadap UMKM sudah cukup baik, ditandai dengan pembukaan Gerai UMKM di Kantor Kecamatan Neglasari.

“Fasilitas yang diberikan oleh Kecamatan sudah cukup baik. Ke depannya nanti di sini akan dipasang gerai dengan baja ringan, dan diadakan bazaar di sekitar Kantor Kecamatan Neglasari. Jadi setiap hari kami bisa berjualan di sini bersama dengan UMKM yang lain di wilayah Kecamatan Neglasari,” tandasnya. (Andika Panduwinata)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved