Mau ke Surabaya Siang-siang, Naik KA Airlangga saja

Semakin banyak opsi perjalanan kereta api dari Jakarta ke Surabaya pp, dengan hadirnya KA Airlangga.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/PT KAI
Direktur SDM dan Umum KAI, Agung Yunanto, bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan, memberangkatkan KA Airlangga menempuh perjalanan perdanan dari Stasiun Pasarsenen, Jakarta, Jumat (1/10/2021). 

WARTA KOTA TRAVEL -- Masyarakat yang akan bepergian ke Surabaya kini memiliki lebih banyak pilihan untuk moda transportasi yang digunakan.

Pasalnya PT Kereta Api Indonesia telah meluncurkan kereta api baru, yaitu KA Airlangga relasi Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp.

KA ini sangat cocok bagi calon penumpang yang senang perjalanan tidak terlalu pagi, namun tidak sampai harus menginap di kereta.

KA Airlangga berangkat dari Stasiun Pasarsenen pada pukul 11.30, dan tiba di Stasiun Pasarturi pukul 23.00.

Sedangkan untuk arah sebaliknya, KA Airlangga berangkat dari Stasiun Pasarturi pukul 12.25, dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 00.10.

Menarik animo masyarakat

Acara pelepasan perdana KA Airlangga dilakukan di Stasiun Pasarsenen pada Jumat, 1 Oktober 2021, oleh Direktur SDM dan Umum KAI, Agung Yunanto, bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan.

Sebagaimana termaktub dalam siaran pers PT KAI, KA Airlangga dioperasikan berdasarkan penugasan Kementerian Perhubungan kepada KAI, melalui surat dengan nomor KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga Sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik / Public Service Obligation (PSO).

Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto mengatakan peluncuran KA Airlangga ini merupakan bentuk komitmen Kementerian Perhubungan dan KAI, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pengoperasian perdana KA Airlangga juga masih berkaitan dengan HUT ke-76 KAI, yang dirayakan pada 28 September 2021, yakni komitmen KAI untuk melayani lebih cepat dan lebih baik guna memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

“KA Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat, agar kembali menggunakan transportasi kereta api sehingga dapat memulihkan roda perekonomian masyarakat. Kami bangga ditugaskan oleh Bapak Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, untuk menyelenggarakan pengoperasian KA PSO yaitu KA Airlangga sebagai bentuk peran strategis Pemerintah, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan,” ujar Agung Yunanto.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan hadirnya KA Airlangga ini merupakan suatu bentuk kehadiran pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dalam memberikan layanan kepada semua masyarakat yang murah, andal, aman, dan nyaman.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan kereta api PSO, hari ini telah dioperasikan KA Airlangga yang melayani Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi. KA Airlangga hadir untuk menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan,” kata Danto Restyawan.

Tarif

Nama KA Airlangga diambil dari nama raja pendiri Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur, yang memerintah pada abad ke-11.

Di akhir masa pemerintahannya kerajaannya dibelah dua bagi kedua putranya, menjadi Kerajaan Kadiri dan Kerajaan Janggala.

Tarif KA Airlangga dibanderol Rp49.000 untuk jarak tempuh 0 ssampai dengan 290 km, dan Rp104.000 untuk jarak tempuh lebih dari 290 km.

Tiket KA Airlangga dapat dibeli di aplikasi KAI Access, website KAI, loket, dan seluruh channel penjualan lainnya.

Kapasitas penumpang

Rangkaian KA Airlangga terdiri dari 8 Kereta Ekonomi dengan total 848 tempat duduk.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved