Yuk Mengenang Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Berkunjung ke 4 Destinasi ini

Kemerdekaan Indonesia datang dari kecerdasan dan keberanian mengambil momentum. Yuk kenali lebih jauh peristiwa Proklamasi Indonesia di destinasi ini.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa
Banyak destinasi wisata sejarah di DKI Jakarta, beberapa di antaranya berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Bulan Agustus adalah bulan yang penting bagi bangsa Indonesia, karena pada bulan ini 76 tahun yang lalu negara Republik Indonesia lahir.

Tepatnya pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00, Ir Soekarno memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia di rumahnya yang terletak di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta.

Pada waktu itu, Soekarno memanfaatkan momentum kekalahan Jepang dari Sekutu pada 14 Agustus 1945 dalam Perang Pasifik, yang merupakan bagian dari Perang Dunia ke-2.

Perang yang berkecamuk di kawasan Asia sampai Oseania itu berlangsung sengit, dan kelihatannya tak akan berakhir.

Hanya saja, kemudian Amerika Serikat menjatuhkan bom atom ke kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945, yang membuat Jepang takhluk dan bertekuk lutut mengakui kekalahan.

Awalnya Soekarno sempat ragu-ragu, namun atas desakan Chaerul Saleh, Sukarni Kartodiwirjo, dan sejumlah pemuda lainnya, yang datang ke rumah Soekarno pada malam-malam tanggal 15 Agustus 1945, akhirnya Kemerdekaan Indonesia berhasil diproklamirkan.

Rasa bangga

Efeknya sungguh luar biasa karena memberi rasa bangga bagi setiap pemuda di penjuru Tanah Air.

Rasa bangga ini menambah semangat dalam mencegah tentara Hindia Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Dan rasa bangga itu harus tetap dipertahankan selamanya oleh para pemuda dan pemudi Indonesia, karena Kemerdekaan Indonesia bukanlah hasil pemberian bangsa Benlanda, melainkan berkat kecerdasan dan keberanian para pendiri bangsa ini.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved