Yuk Berwisata Virtual di Taman Margasatwa Ragunan dan Belajar soal Banteng

Mari mengenal banteng, satwa unik Indonesia, lewat wisata virtual Taman Margasatwa Ragunan.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Wikimedia/Magalhaes
Sepasang banteng (Bos javanicus javanicus) yang merupakan salah satu satwa unik Indonesia, yang terancam punah bila manusia tak segera menyelamatkannya. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pemerintah kembali memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 sampai 9 Agustus 2021.

Artinya warga wilayah yang terkena PPKM Level 4 belum bisa pergi liburan, meski hanya di kotanya saja.

Bagaimana tidak, tempat wisata harus tutup selama masa PPKM Level 4 ini. Untuk sementara, kegiatan wisata dilakukan secara virtual dulu.

Untuk yang kangen ke Taman Margasatwa Ragunan (TMR), pada Kamis (5/8) ini TMR menggelar wisata virtual ke kandang banteng.

Masyarakat bisa menyaksikan tingkah laku banteng-banteng koleksi TMR, sekaligus belajar mengenai hewan ini lewat Instagramlive @ragunanzoo pada Kamis 5 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB.

Satwa unik Indonesia

Banyak hal menarik yang belum banyak diketahu masyarakat luas soal banteng. Maklum saja, penampilannya yang seperti sapi dan kerbau ini membuatnya tidak terlihat istimewa.

Namun, ternyata banteng itu spesies yang berbeda dari sapi dan kerbau sehingga memiliki nama latin yang berbeda.

Banteng adalah Bos javanicus javanicus, sementara sapi Bos taurus, dan kerbau Bos bubalis.

Melihat dari namanya yang pakai kata Jawa sudah menunjukkan bahwa banteng adalah hewan endemik Indonesia, meskipun juga ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Oleh karena itu, banteng ditetapkan para pakar biologi dan konservasi dunia sebagai satwa unik Indonesia, bersama dengan anoa dan babirusa.

Terancam

Sayangnya, ketiga satwa unik ini terancam punah akibat perburuan liar untuk diambil daging, kulit, dan tanduknya.

Sebagaimana dilansir laman Action Indonesia, khusus untuk banteng, ancaman kepunahan juga datang dari perkawinan dengan sesama hewan di keluarga Bos, yakni sapi atau kerbau.

Maklum, gen ketiga hewan itu mirip-mirip sehingga mereka tak pandang bulu, atau mungkin tanduk, saat hasrat bereproduksi muncul.

Masalahnya adalah, perkawinan antar-spesies ini menyebabkan banteng murni semakin langka, dan bisa-bisa akhirnya punah.

Karena itulah konservasi banteng dilakukan tidak hanya dengan mencegah perburuan liar, tetapi juga mengembangbiakan banteng.

Fungsi kebun binatang

Untuk diketahui, salah satu tugas kebun binatang (zoo) secara umum adalah pengembangbiakan satwa secara exsitu, atau bukan di habitat aslinya.

Maka TMR juga mengemban misi ini, dan salah satunya adalah mengembangbiakan banteng karena satwa ini asli Indonesia.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved