Arab Saudi Larang Warganya Berkunjung ke Indonesia dengan Ancaman Cekal Selama 3 Tahun

Warga Arab Saudi dilarang Pemerintahnya berkunjung ke Indonesia, karena Covid-19 di Indonesia belum terkendali.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter/HajMinistry
Kerajaan Arab Saudi melarang warganya berkunjung ke Indonesia, karena kasus Covid-19 di Indonesia masih belum terkendali. Keterangan foto: Jemaah umrah asal Indonesia sedang mengisi formulir deklarasi kesehatan di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Minggu (1/11/2020) waktu setempat. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan daftar negara yang tidak boleh dikinjungi warganya saat ini.

Dan Indonesia termasuk negara yang yang tak boleh dikunjungi warga negara Saudi. 

Sebagaimana dilansir Arabnews, Kementerian Dalam Negeri Saudi bahkan mewartakan sanksi yang bakal diterima warga Saudi, jika nekat berkunjung ke negara yang ada di dalam daftar itu, yakni dicekal selama 3 tahun.

Artinya, orang itu tidak boleh pergi ke luar Kerajaan selama 3 tahun.

Tidak boleh transit

Pihak Kementerian meminta agar warganya menjauhi negara-negara dalam daftar itu, termasuk dalam persinggahan (transit) menuju negara lain.

Alasan pelarangan adalah situasi pandemi Covid-19 di negara-negara tersebut belum terkendali, dan memiliki angka penularan yang tinggi.

Selain Indonesia, sejumlah negara yang juga berada di daftar itu ialah Afghanitan, Afrika Selatan, Argentina, Ethiopia, Lebanon, Mesir, Pakistan, Turki, Uni Emirat Arab, dan Turki.

Saudi sendiri sebenarnya juga masih mengalami pertambahan kasus Covid-19, meskipun kadang membaik kadang memburuk.

Menurut laman NDTV, pada Selasa (27/7) tercatat ada tambahan 1.379 kasus Covid-19 baru, sehingga total kasus di negara tersebut menjadi 520.744 sejak awal pandemi.

Jumlah kematian sampai saat ini sudah 8.189 kasus.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved