Saat Jeff Bezos Berwisata ke Antariksa, Dia Memecahkan Beberapa Rekor Dunia

Jeff Bezos dan ketiga rekannya memecahkan beberapa rekor dunia saat melakukan wisata ke antariksa pada 20 Juli 2021.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/Blue Origin
Jeff Bezos (kanan) berangkat ke antariksa pada 20 Juli 2021. Meski bukan orang umum pertama yang berwisata ke angkasa luar, namun Jeff Bezos dan ketuga astronot lainnya menciptakan dan memecahkan berbagai rekor dunia. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Sebagai orang terkaya di dunia, Jeff Bezos tidak mau kalah dari Richard Branson, dalam hal petualangan ke ruang angkasa.

Branson berhasil merebut gelar triliarder pertama yang melakukan wisata antariksa, pada 11 Juli 2021.

Maka Bezos mencari gimik lain, sehingga perjalanannya ke ruang angkasa pada Selasa (20/7) lebih bermakna daripada perjalanan Branson.

Keempat astronot Blue Origin menikmati kondisi tanpa gravitasi, dengan melakukan berbagai hal konyol.
Keempat astronot Blue Origin menikmati kondisi tanpa gravitasi, dengan melakukan berbagai hal konyol. (Istimewa/Blue Origin)

 

Maka bos Amazon dan Blue Origin ini mengajak Wally Funk (82), Oliver Daemen (18), dan adiknya, Mark Bezos (53), sebagai penumpang dalam penerbangan berawak perdana Blue Origin ke antariksa.

Memecahkan rekor

Funk kemudian menjadi manusia tertua yang pernah berkunjung ke antariksa. Dia memecahkan rekor John Glenn, yang terbang ke antariksa saat berusia 77 tahun pada 1998.

Sementara Daemen adalah manusia termuda yang pernah berada di ruang angkasa. Dengan kata lain, Funk dan Daemen adalah astronot termuda dan tertua.

Sedangkan kakak-beradik Bezos adalah saudara kandung pertama yang terbang ke antariksa.

Selain itu, Daemen membayar penuh biaya wisata antariksa ini, sehingga remaja berkebangsaan Belanda ini tercatat sebagai turis komersial pertama yang menikmati wisata antariksa.

Dan Blue Origin adalah operator wisata antariksa pertama yang beroperasi secara komersial.

Maklum, penerbangan Branson tercatat sebagai penerbangan uji coba sehingga mereka belum membawa penumpang yang membayar untuk wisata tersebut.

Take off - landing vertikal

Kemarin, penerbangan komersial perdana itu menggunakan pesawat antariksa New Shepard 4 buatan Blue Origin, yang diluncurkan dari bandar antariksa Launching Site One di Texas.

New Shepard terdiri kapsul tempat astronot dan booster yang menggendong kapsul ke ruang angkasa.

Metode yang digunakan Blue Origin dalam membawa klien ke ruang angkasa adalah, dengan meluncurkan roket New Shepard secara vertikal.

Bayangkan saja peluncuran roket NASA di masa lalu, karena seperti itulah metode yang digunakan Blue Origin.

Pasawat antariksa New Shepard 4 meluncur ke udara pada 20 Juli 2021. Booster pesawat ini akan kembali ke permukaan Bumi, dan mendarat secara vertikal.
Pasawat antariksa New Shepard 4 meluncur ke udara pada 20 Juli 2021. Booster pesawat ini akan kembali ke permukaan Bumi, dan mendarat secara vertikal. (Istimewa/Blue Origin)

 

Setelah mencapai ketinggian 90 kilometer dari permukaan Bumi, booster akan melontarkan kapsul melwati Karman Line, yang merupakan batas antara atmosfer Bumi dan ruang angkasa.

Kemudian booster kembali tempat peluncurannya lalu mendarat secara vertikal.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved