The Jakarta Incident, Peristiwa 24 Juni 1982 yang Mengubah Protokol Keselamatan Transportasi Udara

The Jakarta Incident, sebuah peristiwa pada 24 Juni 1982 yang mengubah protokol keselamatan penerbangan komersial di seluruh dunia.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Wikimedia/Richard Silagi (GFDL
Pesawat B747-200 milik maskapai penerbangan British Airways yang nyaris celaka pada 24 Juni 1982, karenaa terbang masuk awan debu vulkanis Gunung Galunggung ketika melintasi Indonesia. Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai The Jakarta Incident. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Tanggal 24 Juni akan selalu dikenang para pelaku industri penerbangan komersial, terutama di Inggris, sebagai hari yang penting bagi industri ini.

Pada 24 Juni 1982 terjadi peristiwa yang kemudian diberi nama The Jakarta Incident, yang kemudian mengubah protokol keselamatan transportasi udara.

Setiap terjadi peristiwa erupsi gunung berapi di seluruh dunia, The Jakarta Incident dibicarakan lagi.

Judul peristiwanya memang seram, namun sebenarnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Malah seluruh dunia berterima kasih dengan terjadinya insiden ini, karena bisa menyelamatkan banyak orang di kemudian hari.

Penerbangan London - Auckland

The Jakarta incident itu terjadi pada 24 Juni 1982 malam, saat pesawat Boeing 747-200 milik Maskapai British Airways terbang masuk awan debu panas yang dilontarkan Gunung Galunggung.

Kejadiannya sendiri sebenarnya tidak terjadi di Jakarta, namun Jakarta adalah kota besar yang diakui masyarakat internasional terdekat pada saat itu. Karena itu peristiwa tersebut diberi nama The Jakarta Incident.

Pesawat dengan nomor registrasi G-BDXH ini ketika itu menyandang nomor penerbangan BA009, dengan kode panggilan Speedbird 9. Speddbird sendiri sebenarnya adalah kode panggilan dari British Airways untuk armada 747-nya.

Ketika itu, pesawat ini memiliki rute penerbangan London (Inggris) - Auckland (Selandia Baru), dengan persinggahan (stopover) di Mumbai (dulu Bombay) di India, Kuala Lumpur di Malaysia, lalu Perth dan Melbourne di Australia.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved