Leena, Aplikasi Taksi Daring Khusus Perempuan di Arab Saudi

Arab Saudi kini memiliki taksi online khusus perempuan bernama Leena, yang dipesan melalui aplikasi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa
Arab Saudi kini memiliki taksi online khusus perempuan bernama Leena. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Saat berlibur ke Arab Saudi nanti, tentu saja setelah pandemi Covid-19 berakhir, Anda menemukan taksi dengan sopir perempuan.

Inilah salah satu perkembangan yang terjadi sejak 24 Juni 2018, setelah larangan mengemudikan mobil bagi perempuan dicabut oleh Mohammed bin Salman, selaku Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi.

Sopir taksi perempuan itu untuk melayani para perempuan di sana, yang kini juga lebih bebas beraktivitas di luar rumah.

Namun, dengan alasan keamanan, pemesanan taksi khusus perempuan ini harus melalui aplikasi transportasi bernama Leena.

Sebagaimana diwartakan oleh Arabnews, Leena mulai beroperasi pada Juni 2020, dan menjelang ulang tahunnya yang pertama, aplikasi ini kian populer di negeri Arab tersebut.

Para pengemudinya dijuluki "Captainah", pelesetan dari kata kapten untuk menyebut kapten perempuan.

Mereka bekerja dengan sisten kemitraan seperti layaknya perusahaan transportasi daring lainnya.

Agar lebih mudah membayangkannya, Leena itu seperti GoCar dan Grab di Indonesia. Calon penumpang memesan layanan ini lewat aplikasi telepon pintar.

Sesaat setelah diluncurkan, permintaan layanan Leena langsung membeludak terutama di kota Riyadh.

Bahkan pihak perusahaan melaporkan pertumbuhan bulanan rata-rata lebih dari 25 persen, yang bisa diartikan mobilitas perempuan di Arab Saudi terus meningkat.

Aman dan nyaman

Pendiri Leena adalah sekelompok anak muda Saudi, yang ingin menawarkan transportasi alternatif yang nyaman dan aman bagi perempuan, meskipun tak ditemani mahram atau suaminya.

"Kami datang dengan ide ini pada tahun 2018, sekitar waktu perempuan diberikan hak untuk mengemudi," kata CEO dan salah satu pendiri Leena, Mohammed Al Aqeel, dalam profil di laman resmi Leena.

Sebelum mewujudkan Leena, Al Aqeel dan rekan-rekannya melakukan survei ke masyarakat soal taksi daring bagi perempuan.

Responnya ternyata besar, ada yang pro dan ada pula yang kontra. Maklum usaha ini mengenai perempuan mengendarai mobil dan keluar rumah tanpa suami, dua hal yang baru di Saudi.

"Namun yang pro sangat banyak sehingga kami melanjutkan rencana ini. Ternyata usaha ini berkontribusi dalam mengirangi pengangguran, terutama di kalangan perempuan," kata Al Aqeel.

Al Aqeel juga melakukan survei kepada perempuan soal pengalaman mereka naik taksi.

Respon yang datang kebanyakan mengeluhkan soal pelecehan, kurangnya privasi, dan yang paling buruk adalah kekerasan, ketika mereka naik taksi reguler.

Untuk solusi masalah-masalah itulah Leena hadir, yakni rasa aman dan nyaman bagi perempuan di Arab Saudi saat bepergian, dan sesuai aturan yang berlaku di sana.

Vaksinasi

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved