Tawakkalna dari Kementerian Kesehatan Saudi Arabia Beroperasi di 75 Negara Termasuk Indonesia

Aplikasi Tawakkalna dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, kini beroperasi di 75 negara.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter/HajMinistry
Aplikasi Tawakkalna dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, kini beroperasi di 75 negara. Keterangan foto: Jemaah umrah asal Indonesia sedang mengisi formulir deklarasi kesehatan di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Minggu (1/11/2020) waktu setempat. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pada September tahun lalu Kementerian Kesehatan Arab Saudi meluncurkan aplikasi Tawakkalna, yang merupakan aplikasi catatan kesehatan bagi masyarakat Kerajaan Saudi Arabia.

Pada saat diluncurkan, aplikasi ini bertujuan mendukung aplikasi Eatarmana, yang merupakan aplikasi pendaftaran Ibadah Umrah.

Cara kerjanya ketika itu ialah, setiap warga Saudi yang akan melakukan umrah cukup melakukan koneksi (link) antar dua aplikasi itu, untuk mengisi persyaratan kesehatan beribadah umrah.

Belakangan penggunaan Tawakkalna meluas, salah satunya di sektor transportasi. Warga Saudi yang akan bepergian menggunakan pesawat udara harus melampirkan data kesehatannya yang terekam di Tawakkalna.

Global

Kini, sebagaimana dilansir Saudi Gazette, aplikasi Tawakkalna bisa digunakan secara global, alias bisa digunakan di luar negara Arab Saudi.

Disebutkan dalam artikel itu, Tawakkalna beroperasi di 75 negara, termasuk Indonesia.

Hanya saja tidak dijelaskan apakah aplikasi tersebut ditujukan bagi warga global, atau hanya untuk warga negara Arab Saudi meski berada di luar negeri.

Tidak disebutkan pula apakah aplikasi ini akan menjadi paspor kesehatan, bagi jemaah internasional yang datang ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah atau ibadah haji.

Yang pasti, selain WN Saudi ekspatriat di Keajaan tersebut sudah menggunakan Tawakkalna.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved