CEO Bandara Dubai Dukung Penggunaan Paspor Vaksin untuk Membantu Industri Penerbangan

Paspor vaksin dianggap sebagai alat yang tepat untuk mengembalikan gairah bepergian masyarakat dunia.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Pexels.com/Rodnae Production
Dukungan terhadapan penerapan paspor vaksin semakin luas, terutama dari kalangan industri penerbangan. Keterangan foto: Ilustrasi. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Dukungan terhadap skema paspor vaksin (vaccine passport) semakin meluas, terutama dari kalangan industri penerbangan.

Dukungan terbaru datang dari Paul Griffiths, yang merupakan CEO Dubai Airports.

Sebagaimana dilansir Arabnews, Griffiths berpendapat bahwa paspor vaksin adalah solusi jangka panjang untuk membuka kembali travel corridor.

"Sistem digital seharusnya dapat mempermudah manusia bepergian, tanpa banyak masalah di bandara. Memang, pemeriksaan PCR (di bandara) bekerja sangat baik tap membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk memeriksa semua penumpang di terminal kedatangan," katanya dalam wawancara dengan CNN.

Sementara, pria asal Inggris itu menambahkan, sistem paspor vaksin tidak memerlukan pemeriksaan fisik sehingga lebih efisien.

Untuk informasi, paspor vaksin itu tidak berbentuk fisik seperti paspor dokumen perjalanan, melainkan sebuah sistem digital yang memuat sertifikat vaksinasi yang diterima seorang individu.

Nantinya traveller hanya menunjukkan sertifikat itu kepada petugas di bandara tujuan, lewat aplikasi telepon pintar.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada kesepakatan di antara negara-negara di dunia mengenai skema dan aplikasi yang digunakan.

Hanya saja, menurut Griffiths, untuk saat ini paspor vaksin akan sangat membantu untuk memulai kembali perjalanan udara.

"Jika kita mau bergerak mengembalikan mobilitas manusia, yang sudah hilang selama selama lebih dari setahun, makan paspor vaksin, menurut pendapat saya, adalah satu-satunya cara untuk mencapai itu," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved