Inilah Penyebab Gojek Menarik Biaya Jasa Aplikasi di Layanan GoFood dan GoSend

Gojek memberlakukan biaya jasa aplikasi kepada pelanggan GoFood dan GoSend setiap kelai melakukan pemesanan. Ini penjelasannya.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Freepik.com/pch.vector
Penjelasan Gojek mengenai biaya jasa aplikasi di layanan GoFood dan GoSend. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Pelanggan GoFood atau GoSend pasti belakangan ini sering melihat ada kalimat "biaya jasa aplikasi" tertera dalam komponen harga yang harus dibayar, saat akan melakukan pemesanan.

Mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya soal itu, namun karena dalam situasi kebutuhan mendesak, baik dalam hal memesan makanan atau mengirim barang, maka hal itu terpaksa diterima. Toh biasanya besarnya hanya sekitar Rp3.000.

Hanya saja, konsumen memang harus memahami hak dan kewajibannya saat berbelanja, termasuk soal komponen biaya yang dibebankan kepadanya. Dengan demikian tak ada lagi rasa terpaksa, karena transaksi dilakukan secara berkeadilan dan menguntungkan semua pihak.

Nah, jadi sebenarnya apa sih biaya jasa aplikasi di Gojek ini?

Menurut Vice President Corporate Communications Gojek, Audrey Petriny, biaya jasa aplikasi, atau platform fee, memang baru diberlakukan di layanan GoFood dan GoSend sejak 24 Mei 2021.

Namun biaya ini sudah berlaku di layanan GoRide dan GoCar sejak 2019.

Biaya tambahan ini akan muncul setiap pelanggan memesan berbagai layanan jasa Gojek.

Pengembangan aplikasi

Tujuan dari pemberlakuan biaya ini untuk meningkatkan layanan Gojek, seperti pengembangan aplikasi dan inovasi fitur-fitur dalam aplikasi.

“Pemberlakuan platform fee atau biaya jasa aplikasi adalah praktik yang lumrah dilakukan dalam bisnis layanan berbasis aplikasi, baik di Indonesia maupun internasional,” ujar Audrey saat dihubungi, Senin (31/5/2021).

Perusahaan, yang baru bergabung dengan Tokopedia membentuk entitas GoTo itu, mengklaim bahwa dari waktu ke waktu pihaknya perlu meningkatkan inovasi dan teknologi.

“Yang baru-baru ini diumumkan adalah adanya biaya jasa aplikasi per 24 Mei 2021 untuk layanan GoFood dan GoSend. Jadi setiap pemesanan GoFood dan GoSend akan otomatis tertera di aplikasi rincian biaya yang dibebankan kepada pelanggan,” kata Audrey menjelaskan.

Sebagai informasi, biaya jasa aplikasi sebelumnya tidak ada dalam layanan GoFood dan GoSend. Namun, kini biaya itu tertera saat pelanggan hendak membayar pesanan GoFood atau Gosend.

Adapun biaya yang dipungut dari setiap pemesanan adalah rata-rata sebesar Rp 3.000. (Fandi Permana)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved