Telkomsel Mulai Operasikan Layanan 5G di Jabodetabek dan 8 Kota Lain di Indonesia

Telkomsel sudah mengoperasikan jaringan seluler teknologi 5G, setelah menerima SKLO dari Kementerian Kominfo.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/Telkomsel
Telkomsel secara resmi menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Senin (24/5), sebagai modal penting untuk menyelenggarakan layanan 5G di Indonesia sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Teknologi 5G akhirnya beroperasi di Indonesia, setelah Telkomsel meluncurkan layanan jaringan seluler ini di wilayah Jabodetabek dan beberapa kota pada 27 Mei 2021.

Kota-kota itu ialah Jakarta dan sekitarnya, Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Makassar, dan Bandung. Tentu saja kota-kota lainnya akan menyusul.

Hanya saja, untuk saat ini jangan berharap jaringan 5G akan tersedia di seantero kota-kota yang disebutkan itu.

Untuk wilayah Jabodetbaek saja baru bisa dinikmati di perumahan Alam Sutera dan Bumi Serpong Damai di Tangerang Selatan, Kelapagading, Pantai Indah Kapuk, Pondokindah, serta Widya Chandra di Jakarta.

Sedangkan di kota-kota lainnya, hotspot 5G Telkomsel baru tersedia di gerai layanan pelanggan Telkomsel, atau GraPARI.

Hotspot 5G juga tersedia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Institut Teknologi Bandung, serta Bandung Telkom University.

Menerima SKLO

Teknologi 5G ini memang sudah lama ditunggu-tunggu, terutama di kalangan industrilis, akhirnya beroperasi juga dengan terbitnya Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G, yang diterima Telkomsel pada Senin (24/5).

SKLO teknologi 5G ini dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo), yang berarti layanan 5G Telkomsel ini sudah memenuhi standar komersial yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia.

Telkomsel merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang menerima SKLO, dus yang pertama pula mengoperasikan jaringan 5G, yang akan menggunakan frekuensi spektrum 2,3 GHz.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved