Duh, Ada Opsi Likuidasi Garuda Indonesia yang Dipertimbangkan Kementerian BUMN

Likuidasi menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan Kementerian BUMN dalam mengatasi masalah keuangan Garuda Indonesia.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/garuda.indonesia
Likuidasi menjadi salah satu opsi yang dipertimbangkan Kementerian BUMN dalam mengatasi masalah keuangan Garuda Indonesia. Keterangan foto: Ilustrasi Garuda Indonesia 

WARTA KOTA TRAVEL -- Masalah keuangan yang tengah membeli Garuda Indonesia membuat
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memikirkan cara memperbaikinya, serta jalan keluar terbaik bagi semua pihak.

Likuidasi, atau membubarkan Garuda Indonesia, termasuk penyelesaian yang dipikirkan oleh Kementerian yang dipimpin oleh Eruick Thohir ini.

Namun likuidasi hanya satu dari opsi yang tengah dipelajari.

Pengalaman negara lain

Dalam informasi yang diperoleh, Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan pihaknya memiliki empat opsi untuk menyehatkan kembali kondisi keuangan Garuda Indonesia.

Tercetusnya empat opsi ini adalah hasil benchmarking (mempelajari) dengan tindakan yang telah dilakukan pemerintah di negara lain, berkaitan dengan masalah keuangan maskapai penerbangan nasionalnya.

Untuk diketahui, bukan hanya Garuda Indonesia yang mengalami kondisi keuangan babak belur seperti saat ini. Beberapa maskapai lainnya di dunia juga mengalami hal serupa.

Hal itu disebabkan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kepada pembatasan pergerakan atau mobilitas masyarakat, dan berlangsung bekepanjangan.

Dampaknya dirasakan sangat dahsyat oleh industri penerbangan sipil, karena kegiatan operasional angkutan udara penumpang menurun drastis.

"Berdasarkan hasil benchmarking dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah negara lain, terdapat 4 (empat) opsi yang dapat diambil Garuda saat ini," begitu tertulis di dokumen Kementerian BUMN, yang diterima pada Kamis (27/5/2021).

Sumber: Tribunnews

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved