Idul Fitri

Pemkab Bogor Tidak Terima Wisatawan dari Daerah Lain Selama Liburan Lebaran 2021

Pemerintah Kabupaten Bogor menutup daerahnya dari wisatawan yang bukan warga Kabupaten Bogor, selama liburan Idulfitri 2021.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Hironimus Rama
Pemerintah Kabupaten Bogor menutup daerahnya dari wisatawan yang bukan warga Kabupaten Bogor, selama liburan Idulfitri 2021. Keterangan foto: Berwisata ke Hutan pinus menjadi atraksi utama Gunung Pancar di Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Kawasan Puncak adalah salah satu destinasi jalan-jalan dan piknik favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya, saat liburan Lebaran.

Hanya saja, pada liburan Lebaran tahun ini sebaiknya masyarakat yang bukan warga Kabupaten Bogor membatalkan rencana berwisata ke Puncak.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Bogor meminta masyarakat yang bukan warganya jangan dulu berkunjung ke tempat wisata di wilayah Kabupaten Bogor pada 6-17 Mei 2021.

"Percuma masuk Bogor saat larangan mudik pada 6-17 Mei, pasti diputarbalik," kata Bupati Bogor, Ade Yasin, Senin (10/5/2021).

Penyekatan

Walaupun tempat wisata di Kabupaten Bogor tetap buka dengan protokol kesehatan yang ketat, lanjut Ade, namun wisatawan yang datang dari luar kota pasti terkena penyekatan.

"Penyekatan di Kabupaten Bogor dilakukan di 8 titik batas wilayah termasuk Jakarta. Jadi secara otomatis mereka tidak akan bisa masuk karena dijaga selama 24 jam, dan ada 3 sif petugas supaya tidak bocor masuk ke Bogor," katanya.

Ade menjelaskan bahwa kegiatan wisata boleh dilakukan di zona non merah (Covid-19), namun hanya bagi warga lokal dengan protokol kesehatan yang ketat, dan diawasi oleh Satgas Covid-19.

"Untuk masuk tempat wisata juga harus ada surat bebas Covid hasil Rapid Antigen, yang berlaku satu hari dan swab test (PCR) yang berlaku tiga hari,” kata Ade.

Syarat menginap

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menambahkan, setelah masa larangan mudik berakhirpun Pemkab Bogor tetap akan melakukan pengetatan pengunjung.

Masyarakat yang mau menginap di hotel-hotel di Kabupaten Bogor harus mempersiapkan dokumen persyaratan.

Untuk informasi, selain kawasan wisata Puncak, kawasan Lido;  Gunung Pancar, Sentul; dan Desa Sukamakmur juga termasuk wilayah Kabupaten Bogor.

"Bagi yang sudah ada surat vaksin, tidak perlu pakai surat rapid Antigen atau tes swab," kata Ade.

"Selama libur lebaran ini, Tim gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, dan lain-lain akan terus memantau kondisi di lapangan," tandasnya.

Bukan hanya Pemkab Bogor yang melakukan kebijakan ini, sebab para pemimpin daerah lainnya di wilayah Jabodetabek juga tidak menerima pengunjung sampai 17 Mei 2021.

Para pemimpin daerah itu sepakat bahwa kegiatan wisata hanya berlaku secara lokal. (Hironimus Rama)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved