Wisata Bogor

Persiapan Geopark Pongkor Menjadi UNESCO Global Geopark Terhambat Pandemi Covid-19

Persiapan Geopark Nasional Pongkor di Kabupaten Bogor menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) terhambat pandemi Covdid-19.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/geopark_pongkor
Persiapan Geopark Nasional Pongkor di Kabupaten Bogor menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) terhambat pandemi Covdid-19. Keterangan foto: Balong Endah, salah satu destinasi wisata yang masuk wilayah Geopark Nasional Pongkor. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Kawasan Geopark Nasional Pongkor di Kabupaten Bogor kian populer menjadi tujuan wisata masyarakat Jakarta, Bogor, dan sekitarnya belakangan ini.

Uniknya, mungkin tak banyak yang tahu bahwa tempat wisata yang dikunjunginya itu adalah Geopark Nasional Pongkor.

Ternyata, saat kita berwisata ke Curug Nangka, kemping di Bumi Perkemahan Ciputri, atau ke pemandian air panas Ciseeng, kita sebenarnya telah berkunjung ke Geopark Nasional Pongkor (GPN), satu dari 5 geopark di Provinsi Jawa Barat.

Maklumlah, luas GPN ini meliputi 15 kecamatan dan memiliki empat geoarea, yakni Geoarea Pongkor yang merupakan bekas pertambangan emas, Geoarea Tenjolaya di kaki barat laut Gunung Salak, Geoarea Leuwiliang, dan Geoarea Parung.

Menjadi Geopark UNESCO

Begitu beragamnya warisan geologi di kawasan ini, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ingin meningkatkan status GPN dari nasional menjadi global dengan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, dalam rapat koordinasi dengan Badan Pengelola Geopark Pongkor di Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Kamis (22/4/2021).

“Rapat ini dilakukan dalam rangka percepatan Pengembangan Kawasan Geopark Nasional Pongkor menuju Geopark Pongkor sebagai UNESCO Global Geopark,” kata Burhanudin, Kamis (22/4/2021).

Menurut Burhanudin, target mereka Geopark Nasional Pongkor menjadi bagian dari UGG pada 2022 atau 2023.

Rapat koordinasi ini merupakan evaluasi pelaksanaan kegiatan menuju target itu, sejak Pongkor ditetapkan sebagai geopark nasional pada November 2018.

Sumber: Warta Kota

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved