GeNose C19

PT Angkasa Pura II Tambah Bandara yang Memiliki Fasilitas GeNose C19

Sudah 12 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II memiliki fasilitas tes Covid-19 menggunakan GeNose C19.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribunnews/Irwan Rismawan
Sudah 12 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II memiliki fasilitas GeNose C19. Keterangan foto: Petugas menganalisis kantong napas milik petugas Dinas Perhubungan dengan GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/1/2021). 

WARTA KOTA TRAVEL -- Hanya berjarak 4 hari dan 6 hari dari pembukaan layanan GeNose C19 di bandara di Pontianak, Lampung, dan Tanjung Pinang, PT Angkasa Pura (AP) II menambah lagi bandaranya yang memiliki layanan GeNose C19.

Sebagaimana dilansir laman angkasapura2.co.id, pada Sabtu (24/4) fasilitas skrining Covid-19 hadir di Bandara Banyuwangi, Jawa Timur.

Kemudian pada Senin (26/4), fasilitas GeNose C19 dibuka di Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya).

Dengan tambahan 4 bandara ini, maka jumlah bandara AP II dengan layanan GeNose C19 menjadi 12.

Apresiasi Menhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi langsung hadir meninjau tes perdana fasilitas GeNose C19 di Bandara Banyuwangi.

Dia didampingi oleh President Director AP II, Muhammad Awaluddin, dan Director of Operation & Service, Muhamad Wasid.

Budi Karya menyatakan apresiasinya kepada Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, dan jajaran AP II sejalan dengan tersedianya fasilitas GeNose C19 di Bandara Banyuwangi.

“Saya apresiasi AP II. Ini menjadi bandara AP II yang ke-9 (yang telah menyediakan fasilitas GeNose C19), menunjukkan AP II serius dalam upaya pencegahan virus corona. Saya apresiasi Bupati Banyuwangi dan AP II, semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa,” ujar Budi.

Tak lupa Menhub menyatakan bahwa GeNose C19 merupakan produk dalam negeri yang sudah terbukti keunggulannya.

Lokasi dan jam operasi

Fasilitas GeNose C19 di Bandara Banyuwangi terletak di gedung terminal internasional, dan beroperasi pada pukul 06.00 hingga 16.00.

Pelaksanaan tes dengan GeNose C19 di Bandara Banyuwangi dan bandara-bandara AP II lainnya terdiri dari 3 tahap, yaitu:

- Pre-process: registrasi di aplikasi atau di lokasi.

- On-process: verifikasi dan pemberian kantong napas.

- Post-process: hasil tes keluar.

Ketiga tahap ini dapat dijalani dengan waktu sekitar 10 menit.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan fasilitas GeNose C19 di Bandara Banyuwangi bertujuan untuk mendukung calon penumpang memenuhi protokol kesehatan, terkait dengan kewajiban tes Covid-19 sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat.

“Mulai hari ini Bandara Banyuwangi sudah memiliki fasilitas tes GeNose C19, dalam rangka uji coba. Dengan demikian nantinya sudah ada tiga alternatif tes Covid-19 bagi calon penumpang pesawat di Banyuwangi, yaitu rapid test antigen, PCR test, dan GeNose C19. Fasilitas tes Covid-19 ini merupakan bagian dari layanan Airport Health Center di bandara-bandara AP II,” ujar Muhammad Awaluddin.

Penerapan GeNose C19 untuk tes COVID-19 juga sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub No 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Halaman selanjutnya

Bertahap

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved