Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Kendaraan Listrik

Isi ulang kendaraan listrik bisa menggunakan listrik rumah tangga. Namun ada ketentuan yang harus dipenuhi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Freepik.com/Stories
Isi ulang kendaraan listrik bisa menggunakan listrik rumah tangga. Namun ada ketentuan yang harus dipenuhi. Keterangan foto: ilustrasi. 

- Batere kendaraan listrik bisa diisi ulang menggunakan listrik rumah tangga

- Ada ketentuan teknis yang harus dipenuhi untuk mengisi ulang batere kendaraan listrik di rumah.

- PLN menetapkan Tarif kWh yang sama untuk kapasitas daya 1.300 VA sampai 5.500 VA.

- Ada simulasi menghitung biaya penambahan kapasitas daya listrik.

WARTA KOTA TRAVEL -- Kendaraan listrik semakin menarik saja untuk dimiliki, karena sejumlah kelebihannya dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak bumi.

Selain itu, kendaraan listrik juga lebih ramah lingkungan sehingga setidaknya bisa sedikit membantu mengurangi pemanasan global. Duh, jadi semakin tergoda membeli kendaraan listrik nih.

Namun sebelum melakukan transaksi dengan agen pemegang merek (APM) kendaraan listrik, siapkan dulu sistem kelistrikan di rumah sehingga bisa dipakai untuk mengisi ulang daya batere kendaraan listrik tersebut.

Kapasitas listrik terpasang

Yang pertama harus diperhatikan adalah kapasitas daya listrik yang terpasang di rumah. Pasalnya, jika kapasitasnya terlalu kecil, misalnya hanya sekitar 1.300 VA, tentu tidak bisa untuk mengisi ulang daya mobil listrik yang membutuhkan 2.200 watt.

Untuk gambaran mudahnya, bila membeli mobil yang membutuhkan daya 2.200 watt untuk isi ulang daya batere, maka kapasitas daya listrik di rumah harus 3.500 VA.

Sumber: Kontan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved