Bayi Ikan Hiu Dilepaskan di Sekitar Pulau Tidung sebagai Upaya Menjaga Ekosistem Laut

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu melepas 15 bayi ikan hiu di sekitar Pulau Tidung.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/pulauseribujakarta.go.id
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu melepas 15 bayi ikan hiu, 5 penyu, 500 ikan badut, dan menanam 5.000 mangrove di perairan Pulau Tidung pada 1 April 2021. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Flora dan fauna merupakan salah satu faktor yang bisa menarik pengunjung berlibur ke sebuah tempat.

Bila tempat itu adalah pulau, tentunya biota laut yang bisa menjadi daya tarik tersebut.

Apalagi bila biota laut itu bisa menjaga kelestarian ekosistem di wilayah perairan pulau tersebut.

Maka, bila belasan ekor bayi ikan hiu dilepaskan di perairan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, itu adalah upaya menjaga kelestarian ekosistem wilayah Kepulauan Seribu, yang sekaligus menjadi daya tarik wisata.

Restocking

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, Devi Lidya, menjelaskan bahwa pelepasan 15 ekor bayi ikan hiu itu adalah upaya pihaknya menjaga ekosistem bahari. Kegiatan itu dilaksanakan pada 1 April 2021.

Bayi ikan hiu tersebut yang merupakan bantuan dari Sea World Ancol, sebagai bagian dari upaya restocking ekosistem laut. Selain bayi ikan hiu, ada biota laut lainnya yang ikut dilepaskan.

"Kita juga lakukan restocking ikan clownfish atau nemo (Amphiprioninae), penyu, dan penanaman bibit mangrove untuk menjaga ekosistem," kata Devi, Sabtu (3/4/2021).

Kepala Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (PBKL) Dinas KPKP DKI Jakarta, Jenni Zaenab, menjelaskan lebih detail soal biota laut yang dilepaskan di perairan Pulau Tidung itu.

Khusus untuk penyu ada lima ekor yang dilepas. Sementara ikan clownfish yang disebar jumlahnya mencapai 500 ekor.

Sumber: Warta Kota

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved