PT Angkasa Pura I Catat Kenaikan 39,8 Persen Jumlah Penumpang di Libur Hari Raya Wafat Isa Al Masih

Libur Hari Raya Wafat Isa Al Masih dimanfaatkan sejumlah orang untuk mudik dan berlibur.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Lufthansa.com
Libur Hari Raya Wafat Isa Al Masih dimanfaatkan sejumlah orang untuk mudik dan berlibur. Keterangan foto: Illustrasi liburan keluarga 

WARTA KOTA TRAVEL -- Akhir pekan (long weekend) pada awal April 2021 dimanfaatkan juga untuk pergi berlibur atau mudik oleh sejumlah orang.

Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penumpang sampai 39,8 persen, di di 15 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I, selama libur Hari Raya Wafat Isa Al Masih.

Secara angka, tercatat 105.612 orang bepergian pada masa akhir pekan panjang ini di ke 15 bandara tersebut.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, peningkatan 39.8 persen itu dibandingkan dengan pergerakan penumpang selama Maret 2021, yang hanya 75.522 orang per hari.

Faik menjelaskan, jumlah 105.612 penumpang ini terdiri dari 55.212 penumpang kedatangan dan 50.400 penumpang keberangkatan di 15 bandara yang dikelola Angkasa Pura I.

Bandara dengan trafik tertinggi

"Kemudian untuk trafik penumpang tertinggi pada 1 April 2021 terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, dengan jumlah penumpang mencapai 24.138 orang," kata Faik dalam keterangan pers pada Minggu (4/4/2021).

Kemudian bandara dengan jumlah penumpang tertinggi kedua adalah Juanda, Surabaya, dengan 23.831 pergerakan penumpang, yang terdiri dari 12.745 kedatangan dan 11.086 keberangkatan.

"Selanjutnya ada I Gusti Ngurah Rai, Bali dengan 14.293 pergerakan penumpang. Terdiri dari 8.875 kedatangan dan 5.418 keberangkatan," ucap Faik.

Faik mengimbau kepada calon penumpang yang akan melakukan perjalanan, agar tetap menerapkan protokol kesehatan di bandara dan di dalam pesawat.

"Tentunya penerapan protokol kesehatan ini untuk kepentingan kita bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19," ujar Faik.

Dia juga mengatakan, agar calon penumpang mempersiapkan dokumen perjalanan dan tiba di bandara 3 jam sebelum keberangkatan, untuk menghindari kepadatan antrean saat proses pemeriksaan dokumen perjalanan.

Jalan tol

Sementara itu PT Jasa Marga mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke wilayah Jabodetabek pada Sabtu (3/4/2021) mencapai 150.550 kendaraan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, jumlah tersebut merupakan kumulatif dari arus lalu lintas di beberapa Gerbang Tol (GT), yaitu Cikampek Utama dan Kalihurip Utama di arah timur, Cikupa arah di barat, serta Ciawi di arah selatan.

Menurut Heru, total volume lalu lintas yang menuju wilayah Jabodetabek ini meningkat 22,40 persen jika dibandingkan dengan situasi normal.

"Kami mencatat jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek lebih tinggi, jika dibandingkan dengan yang meninggalkan Jabodetabek," kata Heru dalam keterangan pers, Minggu (4/4/2021).

Namun Heru menjelaskan, peningkatan ini tidak signifikan karena hanya tiga persen jika dibandingkan dengan lalu lintas saat kondisi normal.

Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tercatat lalu lintas tertinggi menuju arah Jakarta terjadi pada pukul 14.00-22.00.

"Kemudian untuk lalu lintas tertinggi yang kembali ke Jabodetabek pada Sabtu kemarin, terjadi di GT Cikampek Utama sebanyak 37.426 kendaraan dari arah Trans Jawa menuju Jabodetabek," kata Heru.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved