Vaksin Covid 19

Cibubur Junction Menjadi Lokasi Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Kecamatan Ciracas

Selain menjadi pusat perbelanjaan, mal di Jakarta Timur juga dimanfaatkan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia yang takut ke puskesmas.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pemerintah Kota Jakarta Timur menjadikan pusat perbelanjaan sebagai lokasi vaksinasi Covid-19, demi meningkatkan minat para lansia untuk divaksinasi. Keterangan foto: Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, menyapa lansia peserta vaksinasi di Cibubur Junction, Rabu (24/3/2021). 

WARTA KOTA TRAVEL -- Mal dan pusat perbelanjaan cenderung sepi di masa pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yang dilanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Karena itu, Pemerintah Kota Jakarta Timur memanfaatkan pusat perbelanjaan dan mal sebagai lokasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia.

Terobosan ini demi meningkat minat lansia memperoleh imunisasi Covid-19. 

Memang, animo warga lanjut usia (lansia) di DKI Jakarta untuk melakukan vaksinasi Covid-19 masih rendah.

Hal ini bisa dilihat di laman corona.jakarta.go.id, di mana persentase lansia yang sudah mendapat vaksinasi dosis 1 baru 37,1 persen dari target 991.631 lansia di Ibu Kota, pada Rabu (24/3).

Salah satu pusat perbelanjaan yang menjadi lokasi vaksinasi Covid-19 itu adalah Cibubur Junction.

Mulai Rabu ini, pusat perbelanjaan di wilayah Kecamatan Ciracas itu sudah digunakan sebagai lokasi vaksinasi lansia di Jakarta Timur.

Takut ke puskesmas

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, menjelaskan bahwa pemilihan pusat perbelanjaan itu bertujuan membuat para lansia antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19.

"Karena jika disuruh datang ke rumah sakit atau puskesmas mereka takut,” kata Anwar.

Dengan memindahkan lokasi vaksinasi Covid-19 ke pusat perbelanjaan, lanjut Anwar, diharapkan membuat lansia yang datang tidak tegang.

“Ini merupakan sebuah terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Timur, demi mencapai target vaksinasi Covid-19 di wilayah,” ujarnya.

Kejar target 50 persen

Kepala Puskesmas Kecamatan Ciracas, dr Santayana, menuturkan para lansia yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Cibubur Junction adalah warga Kecamatan Ciracas.

Nama peserta sudah tercatat di masing-masing kelurahan sesuai domisilinya, sehingga para lansia kategori umum tersebut bisa mengikuti program vaksinasi Covid-19.

“Dipilihnya pusat perbelanjaan Cibubur Junction untuk membantu mencapai target,” katanya.

Santayana mengungkapkan, sejak vaksinasi Covid-19 lansia umum dimulai pada akhir Februari lalu, hingga kini tercatat sudah tercapai 48 persen, dari total 19.000 lansia di Ciracas yang menjadi target vaksinasi Covid-19.

“Mudah-mudahan untuk hari ini vaksinasi Covid-19 se-Kecamatan Ciracas mencapai 50 persen yang sudah divaksinasi," tandas Santayana. (Junianto Hamonangan)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved