Wisata Kepulauan Seribu

Augustine Phinisi Tawarkan Liburan ala Anak Sultan di Kepulauan Seribu

Menikmati keindahan Kepulauan Seribu kini bisa dilakukan dengan kemewahan ala anak sultan, dengan berlayar di atas kapal Augustine Phinisi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kapal Augustine Phinisi menawarkan liburan menikamti keindahan Kepulayan Seribu ala anak sultan. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Belum bisa liburan jauh-jauh ke luar kota, apalagi ke luar negeri, bukan masalah besar bagi warga Jakarta.

Pasalnya Jakarta juga tak kekurangan tempat wisata, karena bisa dibilang segala jenis obyek wisata ada di Ibu Kota.

Apalagi sekarang ada atraksi wisata baru, yakni menikmati pesisir Jakarta ala anak sultan dengan berlayar menggunakan kapal pinisi.

Atraksi ini bisa ditemukan di Taman Impian Jaya Ancol, menggunakan kapal pinisi bernama Augustine Phinisi.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rizki Handayani Mustafa, menyambut baik kehadiran kapal pinisi yang berada di pesisir Jakarta.

Pengalaman berbeda

Menurut Rizki, kehadiran kapal pinisi menjadi sarana wisata baru bagi masyarakat yang ingin menikmati sensasi berada di atas kapal pinisi, tanpa harus pergi ke luar kota.

“Memang ada kapal lain tapi tidak ada kapal pinisi. Ini merupakan new product untuk Jakarta, bagi kalangan menengah ke atas yang mungkin ingin ke Bali tapi masih takut terbang,” ucap Rizky, Selasa (23/3/2021).

Ditambah lagi, berwisata di atas kapal pinisi tentunya menjanjikan pengalaman yang berbeda dibandingkan menumpang kapal pada umumnya.

Experience yang ditawarkan beda. Jadi kalau kita berlayar di kapal motor dengan kapal pinisi itu beda banget. Ada experience yang berbeda,” katanya.

Selain itu, menurut Rizki Handayani Mustafa, kehadiran kapal pinisi di Jakarta bisa menjadi wahana mempromosikan wisata di Kepulauan Seribu.

“Ini bisa jadi education trip ke laut, mendorong anak muda sekarang untuk mencintai laut karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut,” kata Rizky.

Wisata pribadi

Pemilik sekaligus Direktur Augustine Phinisi, Diandra Adelina Hadi, menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengoperasikan kapal pinisi itu di kawasan Taman Impian Jaya Ancol sejak Desember 2020.

“Cuma mau launching bulan Januari Februari cuacanya jelek, dan ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar),” kata Diandra mengungkapkan.

Diandra mengklaim permintaan berwisata naik kapal pinisi cukup tinggi di tengah pandemi. Hal itu dikarenakan kapal pinisinya hanya mengangkut penumpang secara terbatas, karena hanya diisi satu rombongan.

“Banyak orang yang nggak bisa ke mana mana atau ke luar negeri, takut naik pesawat, takut keramaian. Karena ini private, justru mereka lebih senang,” katanya.

Fasilitas

Augustine Phinisi ini memiliki panjang 30 meter, yang menampung fasilitas empat kamar tidur, restoran, dan ruang hiburan. Masuk ke kapal ini seperti masuk ke sebuah hotel.

Kapal yang dibuat di Bulukumba, Sulawesi Selatan, selama 10 bulan tersebut bisa membawa 12 wisatawan dalam waktu bersamaan.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved