Satu Ruas Batang Besi Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Memiliki Panjang 50 Meter

Batang besi bahan baku rel kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang 50 meter. Truk pengangkutnya tentu lebih panjang dan besar.

Istimewa/China Railway Materials
Kira-kira sebesar inilah truk gandeng yang mengangkut batang besi material rel kereta cepat Jakarta-Bandung. Keterangan foto: Pengiriman batang besi bahan baku rel kereta cepat Jakarta - Bandung, di Pelabuhan Fangchenggang pada 28 November 2020. 

WARTA KOTA TRAVEL -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan simulasi pengangkutan material rel kereta api cepat (high speed railway/HSR), dari Pelabuhan Tanjungpriok di Jakarta menuju Tegalluar di Kabupaten Bandung, pada Senin (15/3/2021).

Perjalanan material rel HSR itu lewat sejumlah ruas jalan tol, sehingga beberapa hari sebelumnya PT Jasa Marga mengingatkan masyarakat soal potensi kemacetan yang ditimbulkan kegiatan ini.

Pasalnya rel-rel yang didatangkan dari Tiongkok itu diangkut menggunakan truk yang menggandeng multi-axle trailer 32. Artinya gerobak yang digandek truk itu bisa mengangkut beban sampai 32 ton, karena memiliki beberapa poros roda.

Dengan kata lain truk itu besar dan berat sehingga berjalan sangat pelan.

Panjang batang besi rel

Tentu muncul pertanyaan, mengapa dibutuhkan truk yang sangat besar dengan kapasitas angkut beban yang berat itu, untuk membawa rel kereta cepat?

Sebagaimana dilansir laman People's Daily, batang besi yang digunakan sebagai material rel kereta cepat Jakarta-Bandung itu memiliki panjang 50 meter.

Namun harian Tiongkok itu tak menyebutkan bobot satu batang besi rel tersebut.

Tiba di Indonesia

Batangan besi rel itu dibuat oleh perusahaan milik negara, China Railways Materials (CRM).

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Tribunnews
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved