WASPADA Kemacetan di Jalan Tol Menuju Bandung pada Senin 15 Maret 2021 Pagi sampai Siang

Sejumlah jalan tol menuju Bandung diperkirakan akan mengalami kemacetan pada Senin (15/3/2021) pagi sampai siang.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/Jasa Marga
Waspada kemacetan di Jalan Tol Jakarta Cikampek pada pukul 05.00 sampai 12.30 hari Senin (15/3/2021) karena akan berlangsung uji coba pengangkutan rel kereta cepat. Keterangan foto: Suasana lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Masyarakat yang punya rencana bepergian ke luar kota lewat jalan Tol Cikampek, Senin (15/3), mungkin akan mengalami kemacetan di jalan bebas hambatan itu.

Pasalnya, sebagaimana diumumkan oleh PT Jasa Marga, pada hari itu akan berlangsung uji coba kendaraan pengangkut rel kereta cepat Jakarta-Bandung.

Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division Head, Bagus Cahya AB mengatakan, pihaknya mengimbau pengendara dan pengguna jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan, saat uji coba berlangsung.

Waktunya

"Uji coba kendaraan angkutan rel kereta cepat Jakarta-Bandung ini akan berlangsung mulai 05.00 hingga 12.30," kata Bagus dalam siaran pers, Minggu (14/3/2021).

Jalan yang terkena

Dia juga menjelaskan, ruas jalan yang akan digunakan untuk uji coba ini adalah Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E3 dan E2 (Rorotan-Cikunir), Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Cikampek-Padalarang (Cipularang), dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Bagus juga mengungkapkan bahwa Kendaraan yang akan mengikuti uji coba besok adalah Multi-Axle Trailer 32 Axle, yang dikawal mobil storing, mobil kawalan dengan rotator, prime mover, dan mobil patwal.

Jalur uji coba kendaraan pengangkut rel kereta cepat ini, lanjut Bagus, dimulai dari Dermaga 114/114 Pelabuhan Tanjungpriok, dan memasuki area tol lewat Gerbang Tol (GT) Semper 2 Jalan Tol Akses Tanjungpriok menyusuri Jalan Tol JORR.

"Kemudian angkutan akan melanjutkan perjalanan ke Jalan Tol JORR Seksi E3 dan E2 dari Rorotan sampai dengan Cikunir ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan melintasi Simpang Susun Cikunir hingga menuju Jalan Tol Cipularang," ucap Bagus.

Setelah itu, kendaraan terus melanjutkan perjalanan menuju Jalan Tol Padaleunyi.

Bagus juga menyampaikan bahwa nantinya Di Jalan Tol Padaleunyi angkutan akan putar balik di GT Cileunyi untuk masuk ke Jalan Tol Padaleunyi arah Jakarta dan akan berhenti di akses masuk Km 150+200 Tegalluar.

"Total waktu yang dibutuhkan oleh rombongan kendaraan pengangkut rel kereta cepat ini, yang tidak diisi muatan, disimulasikan mencapai 7,42 jam, dan diperkirakan akan tiba di lokasi pukul 12.30," katanya.

"Untuk keselamatan saat melintas jalan tol, maka angkutan rel kereta cepat ini akan melintas dengan kecepatan rata-rata 30 kilometer per jam, dan maksimum 50 kilometer per jam," lanjutnya.

Atur waktu perjalanan

Terkait adanya uji coba tersebut, pihak Jasa Marga meminta kerja sama pengguna jalan, untuk dapat mengatur waktu perjalanannya agar tidak menimbulkan kemacetan parah.

"Kami juga meminta maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan terkait potensi kepadatan yang akan terjadi pada Senin nanti," tandas Bagus. (*/Hari Darmawan)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved