Garuda Indonesia

Garuda Indonesia Dukung UMKM Jawa Barat dengan Penerbangan Khusus Kargo dari Kertajati

Garuda Indonesia membuka penerbangan khusus kargo dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/Garuda Indonesia
Garuda Indonesia membuka penerbangan khusus kargo dari Bandara Kertajati ke Banfdara Hang Nadim. Keterangan foto: Gambar Barong Bali, motif Mega Mendung, dan gunung berapi dalam masker pesawat Garuda Indonesia, untuk mendukung kampanye Ayo Pakai Masker. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) memiliki prospek besar dalam ekonomian nasional di masa depan.

Apalagi dalam situasi seperti pandemi saat ini, yang membuat beberapa sektor usaha, terutama sektor pariwisata, anjlok, umkm di sektor pertanian lebih bisa bertahan.

Karena itu wajarlah bila UMKM harus mendapat dukungan total, dari hulu ke hilir. Dari produksi sampai pengiriman kepada pembeli.

Maka, sebagai bentuk dukungan kepada UMKM di Jawa Barat, PT Garuda Indonesia resmi membuka penerbangan khusus kargo dari Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat, menuju Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau pada 23 Februari 2021.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan, dalam penerbangan charter perdana diangkut komoditas dan produk UMKM dari Jawa Barat ke Batam, menggunakan armada Boeing 737-800 dengan daya angkut 10 ton.

Sinergi

"Layanan ini menjadi wujud sinergi antara Garuda dan Pemerintah Jawa Barat, dalam upaya pemulihan dan transformasi ekonomi daerah dari dampak pandemi Covid-19 melalui distribusi logistik," kata Irfan dalam keterangan pers, Selasa (23/2/2021).

Dia juga menjelaskan bahwa Garuda Indonesia berkomitmen terus mendukung pembangunan nasional, dengan meningkatkan konektivitas antar wilayah dengan mengembangkan jaringan penerbangan, baik kargo dan penumpang.

"Saat ini sektor UMKM menopang 90 persen aktivitas perekonomian di Jawa Barat. Maka dari itu, kami optimistis membuka layanan penerbangan kargo dari Bandara Internasional Kertajati," kata Irfan.

Kehadiran layanan ini, imbuhnya, juga dapat menjadi momentum untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, melalui penerbangan kargo langsung.

"Penerbangan langsung dari Bandara Internasional Kertajati ke Hang Nadim, Batam ini tentunya memiliki keuntungan dari segi jarak yang lebih singkat, dan cost yang lebih kompetitif," ucap Irfan.

Sementara itu, menurut Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Bandara Kertajati merupakan salah satu unsur penunjang terbentuknya tata ruang terintegrasi metropolitan rebana, yang mengusung konsep live, work, and play.

"Kami tentunya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan juga Garuda Indonesia, yang telah berkolaborasi dalam upaya pemulihan ekonomi daerah melalui layanan penerbangan kargo," ucap Ridwan Kamil.

Dalam penjelasannya, Ridwan Kamil menyatakan, melalui layanan ini para pelaku usaha domestik dan ekspor impor yang berlokasi di provinsi Jawa Barat maupun provinsi lainnya di Pulau Jawa, dapat memanfaatkan jasa penerbangan kargo melalui Bandara Internasional Kertajati. (*/Hari Darmawan)

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved