Wisata Kuliner

Petak 6 Di Chandra, Destinasi Wisata Kuliner Baru dan Instagramable di Jakarta

Petak 6 Di Chandra, destinasi wisata kuliner sekaligus tempat foto-foto baru di Jakarta.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta kota/Joko Supriyanto
Petak 6 Di Chandra, tempat wisata kuliner baru di daerah Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Kawasan Pecinan Jakarta, yang terletak di Pancoran Glodok, Tamansari, memang selalu menarik dikunjungi, karena tetap menyajikan suasana yang berbeda meski masih berada di Jakarta.

Apalagi saat ini ada pusat kuliner yang masih terhitung baru, yakni Petak Enam Di Chandra.

Berlokasi di Jalan Pancoran, Glodok, tepatnya di seberang China Town, terdapat pusat kuliner yang tengah hype di masyarakat, karena dekorasinya sangat Instagramable.

Apalagi ketika datang pada sore hari, tempat ini semkain cantik karena lampu berbentuk lampion dinyalakan.

Biarpun masih di Jakarta, atmosfer di Petak 6 ini membuat kita berada di tempat lain. Ya, kalau tidak Singapura ya Malaysia.

Hal ini berkat dekorasi khas budaya Tionghoa, dan ditambah bangunan di sekelilingnya merupakan bangunan tua yang menyiratkan kisah sejarah yang menarik.

Begitu memasuki arena kuliner, terlihat deretan bangku dengan beberapa meja. Sementara di bagian tengah, memisahkan sisi kiri dan kanan, dipasang barisan air mancur kecil dan lampu. Membuat tampilan tempat itu lebih estetik.

Deretan kios dua lantai memanjang di sisi kanan dan kiri deretan bangku dan meja itu, yang diisi berbagai macam jenis kuliner.

Arena kuliner itu sebenarnya bangunan baru dengan sentuhan arsitektur Cina zaman dulu. Hal ini bisa dilihat dari bentuk atap pelana bangunan kios.

Tak hanya pedagang yang berjualan di kios, ada pula pedagang yang menggelar lapak berupa gerobak dan meja pajang.

Ornamen khas Tionghoa di sana ada yang berupa patung besar simbol shio, yang terpajang di bawah tangga.

Kemudian ada lampu-lampu berbentuk bulat berwarna kuning yang diletakkan di tengah tangga, melambangkan mutiara kehidupan dalam mitologi Tiongkok.

Kehadirannya menambah kesan hangat tempat itu. Apalagi penerangan di tempat itu memberi rasa nyaman.

Maka tak ayal tempat kuliner juga sangat cocok untuk lokasi foto-foto. Spot foto paling ikonik adalah di ujung bawah tangga.

Dengan berpose membelakangi tangga, maka bentuk tangga yang menarik serta tulisan "Petak Enam" di ujung atas tangga, membuat foto lebih menarik.

Selama masa pandemi Covid-19, meja dan bangku pengunjung di Petak 6 Di Chandra diatur berjauhan.
Selama masa pandemi Covid-19, meja dan bangku pengunjung di Petak 6 Di Chandra diatur berjauhan. (Warta kota/Joko Supriyanto)

Lahan parkir

Rex Cokrowibowo, selaku Creative Director Petak Enam, menjelaskan bahwa dulu pusat kuliner adalah lahan parkir. Pihaknya kemudian merevitalisasinya sehingga menjadi seindah sekarang.

Lokasinya masih di area gedung Petak Enam Di Chandra, yang merupakan pusat belanja di kawasan Glodok yang kini berusia lebih dari 40 tahun.

Bahkan bangunan itu berdiri sebelum Gajah Mada Plaza dibangun.

"Jadi dulu lahan ini adalah tempat parkir, jadi masih satu-kesatuan dengan gedung Chandra Petak Enam," kata Rex Cokrowibowo pada Jumat (19/2/2021).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved