Kereta Api

Langkah-langkah dan Syarat Melakukan Tes GeNose C19 di Stasiun Kereta Api

Inilah syarat dan langkah-langkah melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun kereta api.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribunnews/Irwan Rismawan
Pemeriksaan Covid-19 metode GeNose C19 menggunakan sampel udara yang dikeluarkan subjek dari mulut. Keterangan foto: Petugas Dinas Perhubungan mengembuskan nafasnya pada kantong nafas, untuk dites dengan GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/1/2021). 

WARTA KOTA TRAVEL -- Calon penumpang kereta api kini bisa menggunakan hasil pemeriksaan GeNose C19, sebagai dokumen perjalanan.

Hal itu sudah diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2021 mengenai Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Disebutkan di sana, khusus untuk perjalanan menggunakan kereta api di luar kawasan satu anglomerasi, calon penumpang bisa menggunakan hasil GeNose Test selain hasil tes PCR dan rapid antigen.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun telah mengumumkan, mulai tanggal 5 Februari 2021 calon penumpang kereta api jarak jauh bisa melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, sebelum jam keberangkatannya.

Hal ini tentu kabar yang sangat bagus bagi pencinta jalan-jalan, khusus pengguna kereta api, karena tarif tes GeNose jauh lebih murah dari tes rapid antigen apalagi tes PCR.

Kabarnya, tes Covid-19 dengan sampel napas itu bertarif Rp 15.000 sampai Rp 25.000.

Hanya saja, untuk saat ini layanan tes GeNose C19 itu baru bisa dilakukan di dua stasiun, yakni Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Pasarsenen Jakarta.

Syarat

Lalu, bagaimana caranya memperoleh tes ini di dua stasiun tersebut?

Tenang, PT KAI pun telah merilis panduan mengikuti tes GeNose C19 di stasiun, sebagaimana dilansir siaran pers PT KAI.

Pertama, ada syarat yang harus dipenuhi calon penumpang KA jarak jauh yang akan melakukan tes ini.

“Untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19, calon penumpang harus dalam kondisi sehat, telah memiliki tiket, serta dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Langkah pemeriksaan

Jika syarat-syarat tersebut telah terpenuhi, calon penumpang harus mendaftar di kaunter GeNose C19 test.

Setelah membayar, calon penumpang akan diberikan kantong GeNose C19 yang akan digunakan untuk pemeriksaan.

Setelah tiba gilirannya, calon penumpang diminta petugas pemeriksaan untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

Langkahnya adalah, 2 kali yang pertama ambil napas dan buang di dalam masker. Lalu di pengambilan napas ke-3, udara diembuskan ke dalam kantong GeNose C19 sehingga kantong tersebut penuh udara hingga mengembung.

Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar, dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

Hasil pemeriksaan GeNose C19 ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit.

Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.

Halaman selanjutnya

Pembatalan tiket

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved