Kopi

MANFAAT Minum Kopi Ternyata Bisa Cegah Kanker Prostat dan Kanker Payudara, Penelitian Terbaru China

Manfaat minum kopi ternyata tidak hanya menahan kantung, tetapi juga bisa mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

Editor: Suprapto
Istimewa/Nespresso
Manfaat minum kopi beberapa cangkir setiap hari ternyata bisa mencegah terjadinya kanker prostat. 

* Manfaat minum kopi

* Cara cegah kanker prostat

* Cegah kanker payudara

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Minum beberapa cangkir kopi setiap hari dapat membantu mencegah kanker prostat.

Selain itu, minum kopi juga meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup hingga 16 persen, sebuah studi baru mengungkapkan.

Penelitian yang dilakukan oleh China Medical University menemukan bahwa peminum kopi 10 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat dibandingkan peminum kopi non-reguler.

Kanker prostat adalah bentuk penyakit yang paling sering didiagnosis di Inggris, dengan lebih dari 47.500 pria didiagnosis setiap tahun.

Demikian informasi yang didapat warkotatravel dari dailymail.co.uk.

Baca juga: Boleh Dicoba, Kopi Kekinian Kolaborasi Hati Ririn Ekawati dan Ibnu Jamil di Kopi Lain Hati

Baca juga: Bupati Teluk Bintuni ingin Kembangkan Perkebunan Kopi untuk Industri Sekaligus Pariwisata

Meskipun minum terlalu banyak kopi dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, ternyata dapat mengurangi risiko kanker hati, kanker usus, dan kanker payudara - hingga penelitian ini belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa hal itu dapat bermanfaat bagi pasien kanker prostat.

Pecinta kopi sembilan persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita kanker prostat, naik hingga 12 persen pada peminum kopi berat dibandingkan dengan bukan peminum.

Mereka yang menderita kanker prostat stadium lanjut 16 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit tersebut jika mereka minum kopi, tim menemukan.

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) ini dilakukan oleh Dr Kefeng Wang di China Medical University.

Para peneliti 'menelusuri' data dari 16 studi relevan yang diterbitkan sebelum September 2020 dan menemukan 15 membandingkan konsumsi kopi tinggi dan rendah dengan risiko kanker prostat - 13 risiko terukur terkait dengan secangkir kopi setiap hari.

Gabungan, penelitian berbeda yang dianalisis tim melaporkan lebih dari satu juta pria di antaranya 57.732 orang telah mengembangkan kanker prostat.

Konsumsi kopi berkisar dari tidak ada atau di bawah dua cangkir setiap hari, hingga sembilan cangkir atau lebih minuman sehari, menurut Dr Wang.

Studi ini menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kopi mungkin terkait dengan penurunan risiko kanker prostat.

Ada sembilan persen lebih sedikit kemungkinan terkena kanker saat minum kopi setiap hari dan 12 persen penurunan risiko jika seseorang minum banyak kopi.

Pasien yang sudah menderita kanker prostat 16 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal saat minum secangkir kopi setiap hari, kata para peneliti.

Perbedaan antara studi yang dilakukan di Amerika Utara, Eropa, dan Jepang, mungkin telah membuat hasil yang miring.

Dr Wang berkata: "Karena desain observasi dari studi kohort yang disertakan, faktor yang tidak terukur atau tidak terkontrol dalam studi asli mungkin telah menyimpang dari perkiraan risiko yang dikumpulkan."

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved