Natal dan Tahun Baru

Tahun ini DKI Jakarta Tak Ada Pesta Tahun Baru ya

Tidak boleh ada pesta menyambut tahun 2021 di DKI Jakarta, karena pesta berpotensi menimbulkan kerumunan.

Pexels.com/Cottonbro
Pemprov DKI Jakarta melarang kegiatan pesta menyambut Tahun Baru 2021, karena berpotensi menimbulkan kerumunan. 

WARTA KOTA TRAVEL -- Suasana Malam Tahun Baru 2021 di Jakarta dipastikan akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni tanpa pesta dan ramai-ramai.

Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), melarang tempat wisata menggelar perayaan Tahun Baru 2021 pada 31 Desember 2020 mendatang.

Alasan pelarangan ini sudah jelas, yakni mencegah penyebaran Covid-19, sebab yang namanya pesta selalu memunculkan kerumunan manusia.

Kebijakan itu telah disampaikan Dinas Parekraf melalui Surat Edaran Nomor 400/SE/2020 tentang Tertib Operasional Usaha Pariwisata pada Pergantian Malam Tahun Baru 2020-2021.

Surat edaran itu sendiri, yang ditandatangani Pelaksana tugas (Plt) Kadis Parekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya pada 7 Desember 2020, mengacu kepada regulasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta. Surat itu ditetapkan .

“Usaha pariwisata yang dinyatakan boleh beroperasi diminta untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Gumilar dalam surat edara tersebut.

Tertulis pula di sana, Pemprov DKI Jakarta tidak memperkenankan usaha pariwisata untuk melakukan perayaan Malam Tahun Baru 2020-2021, yang berpotensi menciptakan kerumunan.

Untuk itu tim Satuan Tugas (Satgas Penanganan Covid-19 internal, yang ada di setiap usaha pariwisata, diminta melaksanakan tugas pengawasan serta menjamin tidak terjadinya kerumunan.

“Kemudian mendisiplinkan tamu atau pengunjung mematuhi protokol kesehatan,” ujar Gumilar.

Selain itu, tambahnya, usaha pariwisata diminta menaati ketentuan jam operasional sesuai regulasi yang berlaku selama ini.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: AC Pinkan Ulaan
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved